Breaking News
---

Raih Juara 1, SDN Karawang Wetan 1 di Tetapkan Jadi Sekolah Inspiratif Literasi Versi Kaca Geulis

SDN Karawang Wetan 1 Kecamatan Karawang Timur, resmi ditetapkan juri sebagai juara 1 lomba sekolah inspiratif literasi jenjang SD tingkat Kabupaten Karawang, Rabu (22/7/2023). Prestasi yang di raih sekolah penggerak pertama di Karawang ini, setelah siswanya dengan peserta nomor mendapatkan skor tertinggi 43 dari 19 SD. 

Foto : Dalam Gebyar Literasi 2023, SDN Karawang Wetan 1 Raih Juara 1 Lomba Sekolah Inspiratif Literasi Jenjang SD tingkat Kabupaten Karawang

Sementara, juara II dalam lomba yang di selenggarakan dalam rangka gebyar literasi pegiat literasi kaca geulis tahun 2023 itu, di raih SDIT MTA Karawang dengan Raihan skor 41.

Atas prestasi ini, Kepala SDN Karawang Wetan 1, Yeni Mulyani S.pd mengaku bersyukur, sekolahnya di tetapkan koordinator lomba sebagai juara 1 lomba literasi jenjang SD dalam kegiatan gebyar literasi 2023.

"Alhamdulillah, kesuksesan ini berkat kolaborasi antar guru, siswa dan orangtua, terimakasih juga untuk para guru dan tim literasi SDN Karawang Wetan 1, utamanya Aira sisiwi kelas 6 dan orangtuanya yang selalu support kerja keras untuk kegiatan pameran ini, semoga Allah membalas semua kebaikan, Amin, " Ucapnya.

Foto : Dalam Gebyar Literasi 2023, SDN Karawang Wetan 1 Raih Juara 1 Lomba Sekolah Inspiratif Literasi Jenjang SD tingkat Kabupaten Karawang

Koordinator Lomba, Prima Danu Astri Susanti M.Pd mengungkapkan, SDN Karawang Wetan di tetapkan sebagai sekolah inspiratif literasi versi kaca geulis. Hasil itu di raih berdasarkan program Gerakan Literasi Sekolah di Karawang, Leaders Reading Challenge yang sudah dilakukan Sekolah sejak bulan februari.

"Hasil itu beradasdkan program literasi sekolah dan leader reading challenge yang di lakukan sekolah sejak Februari, " Ungkap Pengawas Koorwilcambidik Klari yang juga Pengawas teladan tingkat Nasional ini.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggelar Gebyar Literasi Karawang 2023 di Galeri Karawang pada Rabu (26/7/2023).

Foto : Dalam Gebyar Literasi 2023, SDN Karawang Wetan 1 Raih Juara 1 Lomba Sekolah Inspiratif Literasi Jenjang SD tingkat Kabupaten Karawang

Pada gelaran tersebut dilaksanakannya berbagai lomba dan kreasi seni dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Karawang. Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut pula terpilih 45 siswa yang telah menghasilkan tulisan dan berhasil membuat 9 buku antologi sebagai rekam jejak pencapaian mereka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri menuturkan, menjadi anak yang berprestasi tentu harus membangun kecerdasan secara intelektual, kecerdasan emosional, termasuk kecerdasan spiritual ini dibangun dengan berbagai literasi. 

"Oleh karena itu ini salah satu upaya membangun kecerdasan anak anak kita, bisa berekspresi, bisa berkolaborasi dengan literasi," ujarnya.

Ia menambahkan, literasi merupakan wujud dari keterampilan yang secara nyata, yang secara spesifik adalah keterampilan kognitif dari membaca serta menulis, yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dari siapa serta cara memperolehnya.

"Semua hal ini merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi yakni membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0604/Karawang, Letkol Kav. Makhdum Habiburokhman memberikan sebuah motivasi kepada siswa yang hadir dengan terus menanamkan budaya literasi sejak dini. Sebab, kemajuan sebuah bangsa harus tertumpu pada literasi yang baik dan menciptkan generasi baru yang cinta terhadap literasi tersebut.

"Makanya nanti tolong pada saat anak-anak membuat atau menulis buku lengkapi juga dengan referensi, ada 5 yang perlu diketahui, yang pertama adalah historikalnya. Apa yuridis formalnya apa teorinya, apa data faktanya apa dan yang terakhir adalah solusinya," jelasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan