Breaking News
---

Jelang Pemilu 2024, Kemenkumham Lakukan Pengawasan Orang Asing

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melakukan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) menjelang Pemilu 2024. Rapat dibuka langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Pamuji Raharja. 

Kemenkumham Lakukan Pengawasan Orang Asing

“Dalam rangka mengawal pesta demokrasi tahun 2024, seluruh instansi/lembaga dapat berperan aktif untuk mengawasi keberadaan orang asing. Mengingat adanya berbagai potensi kerawanan dengan keberadaan orang asing yang dapat mengancam stabilitas politik, hukum, dan keamanan negara,” kata Pamuji dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (11/9/2023). 

Menurut Pamuji, bersinergi merupakan hal penting dalam melaksanakan Program Kerja Timpora secara optimal. Selain itu, pengawasan terhadap kegiatan orang asing merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan penegakan hukum keimigrasian. 

“Nanti instansi yang turut bergabung dalam Timpora ini yakni TNI-Polri, Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Badan Kesatuan Bangsa. Kemudian, Badan Intelijen Strategis TNI Jakarta Pusat dan Camat Wilayah Jakarta Pusat,” jelas Pamuji. 

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Pusat, Wahyu Hidayat berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Dimana, kegiatan ini sebagai deteksi dini dalam upaya mencegah terjadinya pelanggaran oleh orang asing.

“Saya harap dengan diadakannya kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ini dapat membantu menyukseskan pemilu 2024. Peningkatan sinergitas dalam pemantauan terhadap giat orang asing yang berada di wilayah Indonesia,” kata Wahyu.(**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan