Breaking News
---

Legislator PDI-P Dorong Realisasi BPJS TK Gratis untuk Petani

DPRD Sidoarjo melalui Komisi B mendorong pemerintah daerah memberikan layanan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan gratis khusus petani dan buruh tani dalam mewujudkan kesejahteraan mereka.

Foto : Petani

Hal itu disampaikan Didik Prasetio politisi PDI-Perjuangan anggota Komisi B DPRD Sidoarjo dalam memperingati Hari Tani Nasional ke-63 yang diperingati tiap tanggal (24/9/2023).

Didik menegaskan bahwa kesehatan dan nasib dari pada petani harusnya menjadi prioritas baik pemerintah daerah maupun pusat. Mengingat, dari mereka tumbuh jutaan ekonomi dan UMKM yang menopang pendapatan daerah.

"Saya harap dalam momentum hari tani nasional ini pemerintah daerah dapat memberikan fasilitas kesehatan gratis bagi petani dan buruh tani. Bila perlu BPJS ketenagakerjaan juga dicover meski tidak seterusnya setidaknya ada garansi beberapa bulan untuk mereka," kata Didik.

Menurutnya, selain kesehatan jaminan keselamatan bekerja seperti BPJS ketenagakerjaan juga harusnya diperoleh petani dan buruh tani. Didik mengakui selama ini pemerintah hanya fokus terhadap bantuan-bantuan yang bersifat kelompok seperti mesin bajak sawah dan lain sebagainya.

"Kebutuhan personal petani dan buruh tani ini juga tak kalah penting apalagi menyangkut kesehatan dan keselamatan mereka," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa berdaulat pangan dapat diartikan pemerintah daerah berhak menentukan kebijakan pangan secara mandiri yang menjamin hak pangan masyarakat dalam menentukan sistem pertanian pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

"Dalam perwujudan kedaulatan pangan tersebut, terdapat beberapa faktor yang menghambat kedaulatan pangan yaitu peralihan lahan pertanian, infrastruktur yang kurang menunjang, lambatnya penerapan teknologi, distribusi pupuk yang kurang lancar," ujarnya.

Senada, Ketua komisi B DPRD Sidoarjo Bambang Pujianto mengamini apa yang dikatakan politisi PDI-P itu. Dia mengatakan sejatinya Pemkab Sidoarjo melalui komisi nya akan mensuport upaya BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan gratis untuk para petani.

"Kami tentunya mendukung dan akan mengupayakan agar hal itu dapat direalisasikan," ucapnya.

Bambang Puji menegaskan bakal segera melakukan langkah untuk merealisasikan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan gratis untuk para petani di Sidoarjo. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan