Breaking News
---

Puncak Nadran Laut, 260 Perahu Hias Konvoi di Laut Ciparagejaya

Perayaan Nadran atau Pesta Laut kembali di gelar di lingkungan nelayan Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Minggu (24/9/2023). Selain rentetan HUT Karawang ke 390, gelaran pesta laut itu di sambut penuh suka cita dan hikmat oleh para nelayan, pengurus Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudra Mulya dan TPI yang selama dua pekan terakhir panen ikan melimpah. 


Foto : Kegiatan Nadran Laut di lepas Pantai Ciparegejaya Kecamatan Tempuran berlangsung Meriah

Selain ruruwat dengan pertunjukan wayang kulit Puspa Lodra Blanakan dan sesajen yang di iringi doa-doa, Kepala Kerbau yang menjadi simbol tasyakur, resmi di Larung para nelayan di pusar laut sekitar pukul 09.15 Wib pagi dan di iringi 260 kapal kapasitas 5-7 Gross ton yang sudah di hias segudang replika, pernak pernik panganan, buah-buahan hingga minuman dan makanan ringan. 

Foto : Kegiatan Nadran Laut di lepas Pantai Ciparegejaya Kecamatan Tempuran berlangsung Meriah

Turut hadir dalam prosesi Larung pesta laut Ciparagejaya tersebut, Ketua DPRD Karawang H Budiato, Anggota DPR RI Partai Demokrat Vera Febriyanti, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Sri Rahayu Agustina mendampingi Kapolres Karawang, Dandim 0604/Karawang, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ade Sudian, Perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Perwakilan Kajari serta Muspika Kecamatan Tempuran.
Foto : Kegiatan Nadran Laut di lepas Pantai Ciparegejaya Kecamatan Tempuran berlangsung Meriah

Ketua KPPL Samudera Mulya Ciparage, H Kabun S.pdi mengatakan, pihaknya bersyukur perayaan nadran laut kembali bisa di gelar meriah bersama nelayan tahun ini. Dimana, pada gelaran yang di laksanakan sepekan dengan beragam kegiatan ini, adalah bertepatan dengan HUT Karawang dan HUT Desa Ciparagejaya. Nadran adalah ungkapan syukur nelayan atas karunia Allah SWT yang sudah menjadikan laut jadi sumber mata pencahariannya. Sehingga, lewat doa-doa dan simbol yang di lakukan, para nelayan berharap keberkahan Rizki yang di dapatnya dari hasil melaut. 

Foto : Kegiatan Nadran Laut di lepas Pantai Ciparegejaya Kecamatan Tempuran berlangsung Meriah

"Kita berharap, dengan perayaan ini nelayan tambah bersyukur dan selalu di berikan keberkahan rizqinya, karena itu adalah inti dari di gelarnya Nadran Laut, " Kata Kades Ciparagejaya ini. 

H Budianto, Ketua DPRD Karawang mengapresiasi pagelaran Nadran laut ini yang merupakan giat rutin tahunan bagi para nelayan. Lewat iuran nelayan di Koperasi dan sumber dana lainnya, pesta laut ini Alhamdulillah terselrnggara dengan meriah, bukan saja dengan pagelaran wayang kulit, tetapi juga ada sandi wara, doa berjamaah dan lainnya. "Harus disyukuri, karena di Ciparage ini adalah TPI paling aktif dan paling besar diantara TPI lainnya di Karawang, maka kemeriahan Badran laut adalah suatu keharusan," ungkap Budianto. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan