Ketua DPC Partai Demokrat Karawang, Fendi Anwar kecewa terkait keputusan Partai NasDem menduetkan Anies-Cak Imin.

Foto : Penurunan Baligo Anies

Menurut Fendi, Duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di luar prediksi bahkan sangat diluar nalar.

“Iya tentunya ini semua di luar prediksi bahkan hampir di luar nalar, jelas Demokrat kecewa bukan karena Wapres nya bukan Ketua Umum kami AHY tapi proses pengambilan keputusannya yang tidak di bicarakan dulu padahal ini adalah koalisi” kata Fendi saat dihubungi melalui WhatsApp, Jum’at (1/9/2023)

Mantan Ketua DPRD Karawang ini juga menambahkan Ketum Partai NasDem, Surya Paloh sebelummya sering mengatakan terkait Wapres, diresahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan.

“Surya Paloh sering mengatakan terkait Wapres, diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan, tapi kok dia sendiri yang langsung memutuskan (memilih Cak Imin- red),” ujarnya.

Menurut dia, bukan Partai Demokrat yang pergi atau bahkan berkhianat, tapi justru malah sebaliknya, Partai Demokrat ditinggalkan.

“Disini bisa di lihat siapa yang berkhianat bukan Demokrat yang pergi tapi memang Demokrat yang ditinggalkan,” tegasnya.

Buntut dari Kekecewaan tersebut, Partai Demokrat Karawang menurunkan Baliho Anies-AHY yang tersebar di Karawang.

“Iya Baliho Anies-AHY sudah kita turunkan,” pungkasnya.

Sementara diketahui, petinggi DPP PKB menggelar rapat membahas tawaran Partai NasDem yang menggandengan pasangan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan, dengan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar yang juga merupakan Ketua Umum PKB. Rapat kali ini melibatkan sejumlah kiai.

"Kami akan finalisasi dari tawaran kerjasama NasDem yang tadi pagi kami bahas. Sudah dibahas, prinsipnya kami menyambut baik tawaran kerjasama dari NasDem," kata Wakil Ketua Umum PKB, Hanif Dhakiri, di DPW PKB Jawa Timur, Jumat, 1 September 2023.

Hanif mengatakan DPP PKB telah menggelar rapat finalisasi terkait pasangan capres-cawapres Anies-Cak Imin. Menurutnya, dalam rapat pagi tadi itu berlangsung alot. Namun dia tidak menjelaslan detail perihal tersebut.

"Nah, sore ini kami akan finalisasi termasuk dengan memperluas peserta yaitu dengan melibatkan para kiai," jelasnya.

Sementara Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq, memberi kode partainya akan bekerja lebih keras dalam pekan ini. Menurut Maman, hal ini disebabkan rapat pleno hari ini yang mengumpulkan seluruh elite di kantor DPP PKB bersama jajaran dewan syuro.

"Minggu-minggu ini kayaknya semua harus bekerja keras,” kata Maman di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

Maman menjelaskan usai rapat pleno hari ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan mengumumkan keputusan atau hasil dari rapat tersebut. Nantinya apa yang diumumkan tersebut akan diberi pertimbangan oleh jajaran dewan syuro PKB.

"Biasanya habis rapat nanti diumumkan oleh Ketum, bahwa ini loh saya melaporkan ini ke partai lalu dewan syuro memberikan pertimbangan ini lalu memberikan keputusan,” jelas Maman.

Dia menambahkan jika keputusan sudah bulat maka nantinya dilangsungkan momentum deklarasi dalam skala yang lebih besar. "Setelah itu lalu kita akan membawa ini ke forum yang lebih besarnya apakah mungkin ada deklarasi dan yg lain sebagainya,” katanya.(***)