Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyediakan 56.566 lowongan pekerjaan (Loker) dalam kegiatan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023. Selain loker, Kemnaker juga menyediakan pelatihan vokasi dari balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah maupun swasta.

"Job Fair Nasional tahun ini kami menyediakan 56.566 lowongan pekerjaan dari 135 perusahaan. 10 perusahaan diantaranya membuka lowongan kerja untuk saudara-saudara kita penyandang disabilitas," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah pada pembukaan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

Menurutnya, Job Fair atau Bursa Kerja tahun 2022 lalu, telah berhasil menyerap 15ribu tenaga kerja dari berbagai sektor. "Tahun ini juga saya berharap efektif sekali mempertemukan antara pemberi kerja dan pencari kerja," ucapnya.

Program pelatihan vokasi, lanjut Ida, merupakan bentuk pendidikan implementatif yang dapat mencetak tenaga kerja yang kompeten. Dengan demikian, tenaga kerja Indonesia memiliki daya saing di dunia ketenagakerjaan.

"Melalui program vokasi akan mencetak tenaga kerja dengan keterampilan praktis yang siap kerja diberbagai sektor industri maupun wirausaha. Dengan berbagai keunggulannya, pelatihan vokasi dapat menjadi solusi cepat untuk peningkatan kompetensi dan daya saing tenaga kerja Indonesia," kata Ida.

Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 diselenggarakan secara gratis di JIExpo, Kemayoran, pada 27-29 Oktober 2023. Acara ini menghadirkan pameran pelatihan dan produk vokasi, seminar, sertifikasi, layanan ketenagakerjaan dan hiburan.(*)