Breaking News
---

Hasil Survei Terbaru Capres 2024: Prabowo Vs Anies Vs Gibran

LSI Denny JA mencatat bakal pasangan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menempati posisi pertama dalam survei terbaru, Selasa (24/10).

Foto: Ilustrasi Anies Baswedan (kiri), Prabowo Subianto (tengah), dan Ganjar Pranowo (kanan). (Edward Ricardo/CNBC Indonesia)

Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas mencapai 39,3 persen. Disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 36,9 persen, lalu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya 15 persen.

Dari hasil survei tersebut, LSI Denny JA menyebut belum ada pasangan capres-cawapres yang akan menang dalam satu putaran. Sebab, angkanya belum ada yang mencapai di atas 50 persen.

"Ketika tiga pasang yang maju sebagai calon dalam pilpres nanti, belum ada satu pun pasangan yang bisa memastikan diri menang dalam satu putaran. Artinya masing-masing masih di bawah 50 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas secara daring.

Dalam paparannya, Hanggoro mengungkap Prabowo-Gibran antara lain unggul di segmen pemilih kelompok masyarakat lulusan SMP ke bawah, laki-laki, beragama Islam, dan kelompok usia di bawah 30 tahun.

Sedangkan, Ganjar-Mahfud unggul di kelompok masyarakat lulusan SMA sederajat atau D3, kelompok non-Islam, dan berusia di atas 30 tahun.

"Dari data ini kita dapatkan bawaha Gen Z atau kita klasifikasikan pemilih usia 17-23 tahun ada 7,4 persen dan di sini Prabowo-Gibran unggul dibandingkan dengan lawan-lawannya sebesar 50 persen," ucap Hanggoro.

Survei LSI Denny JA dilakukan selama periode 4-12 September 2023 terhadap 1.200 responden dengan metode penentuan responden menggunakan multi-stage random sampling.

Pengumpulan data survei menggunakan wawancara tatap muka kuesioner dengan margin of error survei sebesar sekitar 2,9 persen.

Sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga mencatat Prabowo-Gibran juga unggul dalam hasil survei yang dirilis Minggu (22/10).

Prabowo yang disimulasikan bersama Gibran unggul dengan elektabilitas mencapai 35,9 persen. Di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 26,1 persen, lalu pasangan Anies-Cak Imin dengan 19,6 persen.

Sementara, dalam Telesurvei Ipsos Public Affairs pada 17-19 Oktober 2023, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dari dua pasangan lain.

Telesurvei tersebut mencatatkan raihan pasangan Ganjar-Mahfud sebesar 31,98 persen, disusul Prabowo-Gibran sebesar 31,32 persen, serta Anies-Muhaimin 28,91 persen.(CNBC).

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan