Breaking News
---

India Berhasil Uji Coba Misi Pesawat Ruang Angkasa

India telah menuntaskan uji coba penting misi pesawat ruang angkasa berawak Gaganyaan. Ini hanya beberapa jam setelah sempat ditunda untuk mengangkasa, seperti laporan Organisasi Riset Antariksa India (ISRO).

India Berhasil Uji Coba Misi Pesawat Ruang Angkasa

"Penyebab peluncuran ditunda sudah diidentifikasi dan diperbaiki, sistem Penyelamatan Kru berjalan sebagaimana mestinya. Misi Gaganyaan berjalan dengan baik," demikian menurut ISRO seperti dilansir, Reuters, Sabtu (21/10/2023). 

Namun ISRO tidak menjelaskan lebih rinci penyebab penundaan. Peluncuran pesawat ruang angkasa tersebut direncanakan pada pukul 8.00 pagi waktu setempat, tapi tidak berjalan sesuai rencana dan baru diluncurkan dengan sukses pada pukul 10.00.

Misi pesawat ruang Gaganyaan bertujuan untuk mengembangkan kapsul ruang angkasa yang akan membawa tiga orang awak ke orbit sejauh 400 km selama tiga hari. Sebelum kemudian mendarat di Samudera Hindia.

Menurut ISRO, mereka akan mencari cara untuk mencapai keberadaan manusia secara berkelanjutan. Khususnya di ruang angkasa setelah misi Gaganyaan tuntas.

India telah menggelontorkan dana sebesar satu miliar dolar AS atau Rp15,87 triliun untuk misi tersebut. Menyusul pendaratan pesawat Chandrayaan-3 ke kutub bagian selatan bulan yang bersejarah.

Meski belum menentukan jadwal yang pasti. Misi Gaganyaan diperkirakan akan diluncurkan dari pangkalan antariksa India di Sriharikota sebelum 2024.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan