Breaking News
---

Lagi, Korban Penganiayaan Majikan Diselamatkan KJRI Kuching

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching menyelamatkan YN, perempuan asal Kalimantan Barat, korban penganiayaan seorang pria di Sarawak, Malaysia. Pria yang tidak disebutkan namanya itu merupakan majikan YN yang berkewarganegaraan Malaysia.(3/10/23).

Tenaga kerja yang berhasil diselamatkan.

“Pada kasus yang kemarin viral di media sosial dan pemberitaan salah satu media di Sarawak, Malaysia. WNI berinisial YN yang bekerja di salah satu kedai di Sarawak, kawasan Batu Kawa Kuching," ujar Konsul Jenderal Republik Indonesia Kuching, Raden Sigit Witjaksono, Senin (2/10/2023). 

"Dimana kami mendapatkan laporan pada tanggal 22 September. Kami langsung bergerak mencari kebenaran atas video kejadian tersebut dengan berkomunikasi bersama pihak kepolisian Sarawak, Malaysia,” kata Sigit, menjelaskan.

Selanjutnya, Sigit menyampaikan, dalam video yang beredar, YN dipaksa oleh pelaku meminum air kemudian dipukul dan ditampar. Setelah melihat potongan video itu, KJRI bersama kepolisian setempat mengambil tindakan penyelamatan terhadap YN.

"Saat pemeriksaan kepada yang diduga pelaku (majikan) sempat memberikan keterangan tidak benar, bahwa kejadian itu adalah aksi penyelamatan korban YN. Katanya tengah kesurupan, namun secara terpisah, korban mengaku kepada KJRI bahwa dirinya dianiaya oleh majikannya itu," ucap Sigit. 

Menurut Sigit, aparat dari Indonesia dan Malaysia di Sarawak kini tengah melakukan penyidikan kasus penganiayaan majikan terhadap pekerjanya itu. Dikatakan, sambil menunggu proses penyidikan rampung,  YN ditempatkan di tempat yang aman dalam perlindungan KJRI. 

"Kondisi korban sekarang aman dan sehat dalam perlindungan KJRI sambil menunggu proses penyidikan dan penanganan hukum lebih lanjut. Setelah penyidikannya rampung, kami akan urus kelengkapan administrasi YN untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia," kata Sigit, mengakhiri.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan