GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Mulai Hari Ini Capres-Cawapres Tes Kesehatan di RSAD Gatot Subroto

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari telah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan kandidat pasangan capres dan cawapres. Lokasinya dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.(21/10/23).

RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.


Hasyim Ashari mengatakan, pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk menilai kemampuan menjalankan tugas sebagai presiden dan wakilnya. Sementara ini baru dua pasangan yang sudah terjadwal.

"Dua pasangan yang telah terdaftar akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. KPU telah menentukan lokasinya di RSPAD Gatot Subroto," ujar Hasyim, Jumat (20/10/2023).

Sementara, sambung Hasyim, untuk pendaftaran capres-cawapres ada tolak ukur yang digunakan agar mereka lolos. Ukurannya adalah apakah dokumen persyaratannya sudah lengkap atau belum.

"Untuk lolos pendaftaran capres-cawapres tolak ukurnya hanya sebatas dokumen. Apakah dokumen persyaratannya sudah lengkap atau belum, itu saja," ungkap Hasyim.

Hasyim menyebut, pasangan Anies-Muhaimin akan melaksanakan tes kesehatan pada Sabtu (21 Oktober 2023). Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada Minggu (22 Oktober 2023).

Diketahui, pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/20/2023) sebagai capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 ke KPU. 

Keduanya merupakan pasangan pertama yang mendaftar untuk ikut kontestasi lima tahunan tersebut.

Mereka kemudian menyerahkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk dapat ditetapkan sebagai capres dan cawapres oleh KPU. Keduanya diusung ole Partai Koalisi Perubahan, yakni PKS, PKB dan NasDem.

Kemudian diausul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka menjadi pasangan kedua yang mendaftar untuk Pilpres 2024. Keduanya diusung oleh PDI Pernuangan dan PPP serta didukung Perindo dan Hanura.(*)

Komentar0