*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Para Santri Semangat Ikuti Lomba Albarzanji Fatayat NU Kuningan

Memperingati Hari Santri Tahun 2023, PC Fatayat Nu Kabupaten Kuningan bersama  Panitia Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Kuningan menyelenggarakan lomba Albarzanji antar SMA/SMK dan MA Se-Kabupaten Kuningan, yang dibuka langsung oleh Bupati Kuningan di Pendopo Kuningan. Sabtu (21/10/2023).

Para Santri Semangat Ikuti Lomba Albarzanji Fatayat NU Kuningan

Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengapresiasi atas terselenggaranya lomba Albarzanji untuk jenjang menengah atas, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat sekali bagi generasi-generasi muda untuk kedepannya terus di amalkan dan dilestarikan. Selain itu juga sebagai perwujudan kesatuan dan persatuan dalam menjalin silaturahmi antara ulama dan umaro dan juga masyarakat.

“Lomba Albarzanji ini termasuk dalam rangkaian hari santri nasional tahun 2023 tingkat Kabupaten Kuningan, untuk itu saya berharap melalui acara ini dapat terus dikembangkan agar lebih menggema dan masyarakat selain bersholawat,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PC Fatayat Kuningan, Hj. Dadah Samrotil Fuadah merasa bangga melihat semangat dan antusiasme para santri dalam mengikuti lomba Albarzanji.

"Acara ini bukan hanya sekadar perlombaan, tetapi juga merupakan wujud kecintaan dan penghargaan kepada Nabi Muhammad SAW serta perwujudan semangat kebersamaan dalam memperingati Hari Santri Tahun 2023," ujar Hj. Dadah.

Pihaknya berharap melalui lomba Albarzanji ini, generasi muda dapat terus mengembangkan kecintaan mereka pada nilai-nilai keagamaan dan semangat berkompetisi dengan baik. 

"Semoga bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mendukung pendidikan agama dan membina generasi penerus yang berakhlak mulia. Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini," jelasnya.

Dalam konteks sejarah, Dadah mengingatkan tentang tanggal 22 Oktober 1945, ketika Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari, seorang ulama dan pahlawan nasional Indonesia, mencetuskan fatwa resolusi jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan Sekutu. "Merayakan peristiwa bersejarah ini, Festival Barzanji di Kabupaten Kuningan diadakan sebagai upaya untuk menyebarkan nilai-nilai aswaja kepada semua kalangan, khususnya pelajar," sambung Hj. Dadah.

Acara lomba Albarzanji dihadiri oleh 23 peserta dari berbagai sekolah, yang dengan antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka memberikan warna baru bagi Gen Z dan memperkuat iman kepada Allah SWT serta cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Sebuah langkah nyata dalam memperingati Hari Santri yang penuh makna.(*)

Komentar0