GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Reog Ponorogo Meriahkan Indonesia – Japan Friendship Festival 2023

Kesenian Reog Ponorogo memeriahkan pembukaan Indonesia – Japan Friendship Festival (IJFF) 2023 di Yoyogi Park, Tokyo, pada 14 – 15 Oktober 2023.   Festival ini dibuka Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi.

Reog Ponorogo Meriahkan Indonesia – Japan Friendship Festival 2023

Dubes Heri  mengatakan, Indonesia – Japan Friendship Festival 2023 adalah salah satu penanda penting peringatan 65 tahun Indonesia - Jepang.  Menurut Heri, hangatnya hubungan masyarakat kedua bangsa ini merupakan fondasi  yang kuat antara Indonesia dan Jepang,"  ujar Dubes Heri. 

Selain itu, kata dia, festival ini menjadi penanda penting kuatnya 65 tahun hubungan kedua bangsa. Ini terlihat dari penyelenggaraannya yang dilakukan secara mandiri dan bersama oleh komunitas masyarakat dan pengusaha dari Indonesia dan Jepang.

"Satu Hati, atau Kokoro Hitotsu-Ni terinspirasi dari lagu “Satu Hati” ciptaan penyanyi Jepang sahabat Indonesia, Hiroaki Kato," kata Heri.

Lagu itulah, ujarnya, yang menginsipirasi tema 65 tahun hubungan Indonesia Jepang. Kato dan Arina,  Hal ini sangat menginspirasi bagi hubungan kedua negara. "Mereka adalah pasangan yang pantas saya sebut sebagai Duta Persahabatan Indonesia-Jepang,” ucapnya. 

Reog Ponorogo Meriahkan Indonesia – Japan Friendship Festival 2023


Tampilan kesenian Reog Ponorogo dari grup Reog Japshter PSHT Jepang memukau para pengunjung yang memadati festival ini. Kesenian khas Kabupaten Ponorogo ini menampilan Sendratari Jathil, Warok dan Barongan lengkap dengan Caplokan (kepala singa).

Tampil pula di antaranya Angklung ALFS yang turut menghadirkan Ibu Nuning Akhmadi beserta Dharma Wanita Persatuan KBRI Tokyo. Pinkan Indonesia juga hadir menghibur para pengunjung dengan tampilan kolintang.

Selain ragam kesenian Indonesia dan Jepang yang ikut memeriahkan festival ini, musisi jazz senior Indonesia Dwiki Dharmawan Quintet bersama Ita Purnamasari dan Ivan Nestorman juga ikut menyemarakkan suasana.

Sebanyak 57 stan kuliner dan kriya Indonesia juga tidak luput dari perhatian pengunjung khususnya warga Jepang yang hadir di festival ini. (*)

Komentar0