GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Sudah Keluar Izin Operasinya, Hari Ini Presiden akan Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi telah menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Izin tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC).


Foto : Kereta api cepat

“Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat. Sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” kata Budi Karya Sumadi , pada Minggu (1/10/23). 

Menurut Menhub, operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi hingga 68 perjalanan per hari. Selain itu,masyarakat telah disiapkan KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung untuk mempermudah penumpang mencapai Kota Bandung.

“Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar menyesuaikn diri. Selain itu, untuk memaksimalkan operator dalam pelayanan,” jelas Menhub. 

Lebih lanjut, Menhub akan menerapkan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat. Dengan begitu, Menhub berharap pihak KCIC selaku operator dapat menyiapkan operasi komersial yang akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Semoga KCJB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Selain itu, KCJB dapat membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa," pungkas Menhub. 

Diketahui Presiden Joko Widodo akan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung, Senin (2/10/2023). Kepala Negara mengatakan, dirinya besok akan berangkat dari Stasiun Halim.


"Besok pagi ketemu lah di Halim," ujar Presiden dalam keterangannya di Istana pada Minggu (1/10/2023) malam. Presiden mengatakan, akan banyak yang ikut menyaksikan peresmian tersebut. 

Presiden Jokowi

Namun, Presiden mengatakan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak dapat ikut serta. Hal itu dikarenakan dirinya dan Wapres tidak boleh berkendara bersamaan. 

"Nggak, tidak boleh kita dalam satu pesawat yang sama atau satu kendaraan yang sama," ujar Presiden. Wapres Ma'ruf Amin tersenyum dan mengiyakan pernyataan Presiden tersebut. 

Kementerian Perhubungan sudah menerbitkan izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh. Presiden Joko Widodo  dijadwalkan akan meresmikan secara komersial pada 2 Oktober 2023. 

Terkait kepastian tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung, nantinya diumumkan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator. Tahap awal akan berlaku tarif promo untuk para penumpang. (*)

Komentar0