Breaking News
---

Sungai Ciesek Tercemar Bermacam Limbah di Puncak Bogor

Warga di sepanjang bantaran kali Ciesek Puncak Bogor keluhkan sampah rumah tangga yang si buang di sungai. Pantauan di beberapa titik di Sungai Ciesek, tepatnya di Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, kondisi Sungai Ciesek cukup memprihatinkan.

Foto ilustrasi

Sungai Ciesek seolah menjadi septic tank pembuangan bermacam jenis limbah dan sampah. Menurut kesaksian warga dan para pemancing ikan di Desa Cipayung, mereka kerap menyaksikan pembuangan limbah cair ke Sungai Ciesek.

"Limbahnya berupa bekas makanan, berminyak, serta detergen karena berbusa," kata Udung, warga setempat, Rabu (4/10/ 2023).

Limbah-limbah tersebut dibuang langsung ke sungai melalui gorong-gorong yang berasal dari belakang restoran, hotel, tempat wisata, maupun vila-vila yang berdiri di tepi Jalan Raya Puncak.

"Kalau hari-hari biasa, limbah dibuang ke sungai antara jam 9 pagi dan 3 sore dan malam hari, Ga ada lagi sekarang yang berani mandi, nyuci, dan wudhu di Sungai Ciesek karena bau dan sering gatal-gatal. Para pemancing juga pindah spotnya ke atasnya lagi. Karena kalau limbahnya sedang dibuang, banyak ikan-ikan loncat-loncat tanda terganggu limbah," ujar Udung.

Selain limbah cair, Sungai Ciesek terlihat mulai dikotori sampah plastik dan sampah rumah tangga yang banyak mengangkut di batu-batu, ranting, dan tebing sungai. Sekretaris Aliansi Masyarakat Bogor Selatan (AMBS), Azet Basuni, sangat menyayangkan kondisi Sungai Ciesek yang luput dari perhatian pemerintah.

"Sungai Ciesek ini salah satu hulu Sungai Ciliwung yang mengalir hingga Ibukota Jakarta. Sampai saat ini Sungai Ciesek masih digunakan oleh warga apalagi pada saat musim kemarau. Selain itu, ekosistem sungai menjadi rusak. Kalau ini dibiarkan terus apa jadinya alam Puncak," tegasnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan