Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo mengatakan, lumbung pangan hasil tani di daerah harus segera diwujudkan. Sejauh ini, lumbung pangan hasil tani baru ada ditingkat nasional, yakni di Bulog.

Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo

"Dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga seterusnya, lumbung pangan hanya ada di Bulog saja. Masing-masing daerah harus ada pasar holtikultura, agar harga terkendali, dan bisa memonitor," kata Firman, Senin (20/11/2023).

Politikus Golkar ini menyarankan, pemerintah juga meningkatkan reproduksi pangan di dunia pertanian. Jangan sampai, harga pangan hanya menguntungkan satu pihak semata.

"Kita harus berani, kebijakan pemerintah menetapkan harga bawah, harga bawah petani diuntungkan. Harga atas untuk konsumen, katakanlah yang tidak mampu di jangkau masyarakat," ucap Firman.

Kemudian, Firman menilai, kebijakan dari Badan Pangan Nasional (BPN) hanya menguntungkan importir semua. Seharusnya, BPN mengajak bicara, para pedagang pasar hingga petani.

"Ini belum dilakukan menyeluruh oleh pemerintah, regulasi kita masih bagus, kami mengawal serius ketahanan pangan ini. Kalau infrastruktur dibangun baik, ini bisa tercapai tujuan kita (kedaulatan pangan)," ujar Firman.(*)