Breaking News
---

Bupati Indramayu Serahkan Kapal Keruk Bermartabat

Sebanyak 14 muara sungai di Kabupaten Indramayu yang menjadi jalan keluar masuk kapal dan perahu nelayan mengalami pendangkalan. Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati Indramayu mendatangkan Kapal Keruk ‘Bermartabat’.

Kapal Keruk Bermartabat, senilai 15 miliar tersebut telah selesai dibuat oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu dan dipergunakan untuk pengerukan muara.

Penyerahan Kapal Keruk Bermartabat dilakukan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina kepada nelayan Indramayu, Kamis (28/12/2023) di Muara Karangsong.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi memaparkan, pengadaan Kapal Keruk Bermartabat merupakan peringkat pertama dari 10 proyek strategis yang ada di Kabupaten Indramayu.

Hadirnya Kapal Keruk ‘Bermartabat’ tersebut merupakan prioritas Bupati Indramayu untuk memperlancar proses pendaratan ikan yang ada di TPI.

“Mewakili para nelayan kami sampaikan terima kasih banyak kepada Bupati Indramayu yang sangat peduli kepada para nelayan Indramayu,” kata Edi.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina mengatakan, dengan panjang pantai 147 kilometer potensi perikanan dan kelautan Kabupaten Indramayu masih bisa untuk terus dikembangkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Apalagi saat ini sebanyak 41.654 orang yang berprofesi sebagai nelayan merupakan kekuatan dan potensi untuk mengembangkan sumber daya perikanan dan kelautan tersebut," katanya.

Selanjutnya, sebagai upaya perlindungan kepada nelayan khususnya nelayan kecil sesuai dengan Perda Nomor 2 tahun 2019 dan Peraturan Bupati Nomor 28 tahun 2023 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan dan pembudidaya ikan di Kabupaten Indramayu, saat ini juga Pemkab Indramayu telah memberikan proteksi asuransi ketenagakerjaan kepada 4.936 nelayan dengan nilai Rp1.135.280.000,- Pada kegiatan penyerahan Kapal Keruk diserahkan juga berbagai bantuan kepada para nelayan Indramayu.

Seusai penyerahan, selanjutnya Bupati Indramayu bersama Forkopimda meninjau langsung Kapal Keruk dan berlayar ke Muara Karangsong (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan