Persija Jakarta sukses mengalahkan PSS Sleman 1-0 pada pekan ke-23 BRI Liga 1 2023-2024. Gol Ondrej Kudela menangkan Macan Kemayoran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (16/12/2023) malam WIB.

Gol Ondrej Kudela Menangkan Persija atas PSS Sleman

Selaku tuan rumah, Persija tampil cukup percaya diri dalam melancarkan serangannya. Kendati begitu, PSS Sleman juga bermain solid sehingga lini pertahanan mereka sulit untuk ditembus.

Persija mendapat peluang mencetak gol pembuka di menit ke-19. Namun sayangnya tendangan yang dilesatkan Ryo Matsumura masih terlalu pelan sehingga mudah ditangkap Anthony Pinthus.

Pada menit ke-31, skuad Macan Kemayoran mendapat peluang lewat tendangan Syahrian Abimanyu yang masih bisa diblok. Berselang empat menit, giliran Super Elja yang mendapat peluang emas lewat sontekan Leonard Tupamahu yang masih melebar.

Memasuki lima menit akhir, kedua tim terus mencari celah untuk mencetak gol, tetapi gagal membuahkan hasil. Persija dan PSS Sleman bermain imbang dengan skor kacamata alias 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, permainan Persija sedikit berubah sejak Marko Simic masuk menggantikan Riko Simanjuntak pada menit ke-66. Tim asuhan Thomas Doll itu bermain lebih agresif setelah memiliki target-man di depan.

Tiga menit berada di lapangan, Simic nyaris membawa Persija unggul. Sayang, meski sudah bebas di depan gawang PSS, tendangan Simic masih melebar di sisi kanan gawang.

Wasit memberi Persija tendangan penalti setelah Simic dilanggar Thales Lira di kotak terlarang. Dalam tayangan ulang terlihat Lira merangkul Simic dalam perebutan bola hingga terjatuh.

Kudela yang dipercaya menjadi eksekutor penalti, sukses menjalankan tugas dengan sempurna. Skor 1-0 untuk Persija bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Persija sementara memiliki 32 poin di peringkat delapan (M7 S11 K5). PSS (M6 S8 K9) berada enam poin di bawah Persija.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta (3-5-2): A Ardhiyasa; F Andika, O Kudela, H Yama; D Tri Pamungkas, M Gajos, S Abimanyu, O Bias; R Hannan, R Matsumura.

Pelatih: Thomas Doll.

PSS Sleman (4-2-3-1): A Pinthus; N Ansanay, L Tupamahu, Thales, A Lestaluhu; K Kurniawan, W Hamisi; E Vizcarra, J Bustos, E Kamsoba; A Riak.

Pelatih: Risto Vidakovic.