Breaking News
---

Jasa Marga Dukung Penerapan One Way" dari Palimanan sampai Tol Cikampek Karawang

Jasa Marga atas diskresi kepolisian siap mendukung pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas satu arah atau one way di Tol Cipali mulai dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan sampai dengan KM 72 Tol Cikampek untuk mendukung periode arus balik Hari Natal 2023 pada Selasa (26/12) pada pukul 14.00 hingga 24.00 WIB.

"Berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Timur menuju Jakarta pada prediksi puncak arus balik Natal 2023 yang jatuh pada hari ini, Selasa (26/12), atas diskresi Kepolisian akan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way di Jalan Tol Cipali mulai dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan sampai dengan KM 72 Cikampek sejak pukul 14.00 sampai dengan 24.00 WIB," ujar Lisye Octaviana Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Tidak hanya itu, rekayasa lalu lintas juga akan dilanjutkan dengan lawan arah atau contraflow dari Km 72 Cikampek hingga Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Pemberlakuan lawan arus  (contraflow) akan dilaksanakan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.
Foto : Jalan Tol Palimanan Macet

Lisye menjelaskan, Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut dengan menyiapkan petugas serta perambuan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola oleh PT Jasamarga Transjawa Tol.

“Jasa Marga juga memastikan sarana dan prasarana beroperasi dengan optimal. GT Cikampek Utama sebagai gerbang tol yang melayani lalu lintas one way, Jasa Marga akan mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakarta. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kepadatan,” katanya.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur (Jalan Tol Cipali) akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

“Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa gunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal,” ujar Lisye.

Ia mengimbau pengguna jalan yang masih belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

“Pastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima, dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk berpindah lajur secara tiba-tiba terutama untuk pengguna jalan yang masuk ke jalur one way,” ujar Lisye.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan