Breaking News
---

KPU RI Tetapkan Komisioner KPU Kota dan Kabupaten

KPU RI mengumumkan nama-nama komisioner kota kabupaten di seluruh Indonesia termasuk Jawa Barat dan Bogor RayaKelima komisioner dari masing-masing daerah tersebut akan menjalani amanah penyelenggara pemilu periode 5 tahun kedepan.

Foto : Ketua KPU RI

Proses penetapan komisioner di semua daerah sudah melalui tahapan panjang dari mulai seleksi berkas hingga uji kelayakan dan kepatutan dari tingkat tim panitia seleksi hingga komisioner KPU Provinsi Jawa Barat. 

Mantan ketua tim pansel KPU wilayah 1 Jawa Barat mihradi meyakinkan semua nama-nama yang sudah menjadi ketetapan KPU RI merupakan 10 besar yang diajukan hasil seleksi dan apa yang sudah diputuskan dengan 5 orang itu dari provinsi.

"Tim pansel hanya mengantarkan sampai 10 besar dan selebihnya Itu kewenangan di KPU provinsi hingga penetapan lima orang komisioner di setiap daerah," ungkapnya, Jumat (29/12/2023). 

Selanjutnya Mihradi yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor mengharapkan para anggota KPU Kabupaten yang terpilih untuk bisa bekerja maksimal.

"Semua anggota KPU yang sudah ditetapkan KPU RI untuk tingkat kabupaten kota bisa mengantarkan pada pemilu yang bebas jurdil dan betul-betul bisa mewujudkan amanah daulat masyarakat," katanya. 

Seluruh komisioner masing-masing daerah akan melakukan pelantikan Untuk selanjutnya melakukan tahapan Pemilu menuju pemungutan suara 14 Februari 2024.

Sementara pada rabu kemarin, Ketua KPU Hasyim Asy'ari bersama  Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag meresmikan Gedung dan Rumah Pintar Pemilu Pangeran Walangsungsang KPU  Kabupaten Cirebon, Rabu (27/12/2023).

Dalam sambutannya, Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran pemkab, serta DPRD Kabupaten Cirebon atas dukungannya sehingga pembangunan Gedung KPU Kabupaten Cirebon ini dapat terwujud.

“Kami berharap gedung ini memadai dan lebih layak untuk bekerja, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan KPU yang lebih maksimal, terutama kepada dua pihak, yaitu melayani pemilih dan melayani peserta pemilu,” kata Hasyim.

Hasyim juga menyampaikan tujuannya, tak lain untuk memberikan kualitas pelayanan KPU kepada peserta pemilu dan pemilih di Kabupaten Cirebon. “Ini tentu sebagai nikmat dan amanah KPU untuk menyiapkan pemilih agar dapat memilih pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang,” lanjutnya.

Hasim juga menjelaskan, saat ini Pemilu 2024 tengah memasuki tahapan kampanye. “Semoga senantiasa kita mendapat rido dari Allah dan dalam menjalankan kepemiluan kita diberi kesehatan serta kekuatan,” katanya.

Sementara itu Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag menyampaikan pihaknya atas nama pribadi dan juga Pemkab Cirebon mengucapkan selamat kepada KPU yang telah memiliki gedung baru. Dia juga memperkenalkan  kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat,  agar mengetahui  KPU Kabupaten Cirebon sudah menempati gedung baru beserta fasilitas penunjang yang digunakan untuk menjalankan tugas, kewajiban sebagai penyelenggara pemilu dan pilkada, serta berharap dengan diresmikannya kantor baru dapat memberikan  pelayanan terkait kepemiluan.

“Semoga ke depan KPU dapat bekerja dengan baik dan bisa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan juga dengan baik. Ayo bersama-sama, Sukseskan Pemilu 2024 mendatang,” kata Imron.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi dalam sambutannya juga berterima kasih kepada Bupati Cirebon berserta jajaran Pemkab Cirebon, DPRD Kabupaten Cirebon, dan seluruh parpol yang sudah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk bersinergi dalam kemitraan strategis.

Sopidi mengaku, pihaknya sudah sangat lama menanti momentum seperti ini. Tak lupa, ia pun mengucapkan terima kasih kepada Ketua KPU RI yang sudah menyempatkan hadir memenuhi undangan untuk meresmikan gedung baru KPU Kabupaten Cirebon di tengah kesibukannya.

Turut hadir, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, Forkopimda Kabupaten Cirebon, PPK se-Kabupaten Cirebon serta jajaran KPU Provinsi dan Kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Barat.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan