Breaking News
---

Lima Desa Tertutup Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki

Letusan abu vulkanik gunung api Lewotobi Laki-Laki menjulang tinggi antara 1.000-1.500 meter dari puncak kawah utama. Akibat erupsi itu, lima desa di Flores Timur terdampak abu vulkanik.

Foto : Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki

BPBD Flores Timur, NTT sudah bergerak dengan membagikan masker kepada masyarakar sekitar. Tercatat gunung api Lewotobi Laki-Laki erupsi abu vulkanik sejak pukul 07.15 Wita, Sabtu (23/12/2023).

"Letusan abu vulkanik tertiup angin, membuat empat desa di Kecamatan Wulanggitan, dan satu desa di Kecamatan Ile Bura. Terdampak hujan abu vulkanik hingga ketebalan tiga sentimeter," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Flores Timur, Abdul Razak Jakra dalam keterangan persnya, Sabtu (23/12/2023).

Abdul mengatakan, abu vulkanik sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan manusia. Oleh sebab itu, pihaknya bersama kepolisian setempat bergerak cepat turun ke masyarakat, membagikan masker.

"Pembagian masker bersama tim (stakeholder) menyasar ke lokasi pusat keramaian. Mulai dari pasar sampai jalan raya," ucap Abdul.

Kemudian, Abdul membeberkan, empat wilayah Kecamatan Wulanggitan yang terdampak abu vulkanik. Yaitu Desa Hokeng Jaya, Pululera, Klatanlo dan Nawakote.

"Sementara yang di Kecamatan Ile Bura ada Desa Dulepari. Ketebalan debu di rumah penduduk hingga tiga sentimeter,” ujar Abdul.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan