Breaking News
---

Segudang Manfaat Daun Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Daun mengkudu (Morinda citriolia) atau dalam bahasa sunda disebut Cangkudu, memiliki ciri-ciri berwarna hijau, mengilap, serta ukuran daun yang besar dan tebal. Sebagai gambaran, daun mengkudu mirip dengan daun jeruk, hanya saja ukurannya lebih besar.

Foto nasi Goreng pakai daun mengkudu

Bagi masyarakat kebanyakan, daun mengkudu yang masih muda sering dijadikan bahan untuk membuat nasi goreng. Adapun itu, di Aceh, daun mengkudu biasa diolah menjadi salah satu bahan kuliner lezat bernama oen peugaga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat daun mengkudu bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun mengkudu mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, triterpen, kumarin, dan vitamin C. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk memperkuat imunitas tubuh.

Manfaat daun mengkudu ini bisa membuat tubuh jarang sakit karena lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Tak hanya itu, daun mengkudu juga diketahui mengandung zat yang bersifat antivirus, antiradang, dan antibakteri, sehingga bisa membuat tubuh tercegah dari infeksi.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun mengkudu untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun mengkudu ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin, yang dapat membuat pembuluh darah lebih relaks dan elastis. Dengan begitu, aliran darah bisa menjadi lebih lancar.

Tak hanya itu, daun mengkudu juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah penyakit jantung

Tak hanya menurunkan tekanan darah, daun mengkudu juga diketahui mampu menurunkan kadar lemak jahat. Berkat manfaatnya ini, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dan antiradang dalam daun mengkudu juga dapat mencegah peradangan di pembuluh darah sehingga risiko terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis) bisa berkurang. Dengan demikian, aliran darah dan pasokan oksigen ke jantung akan senantiasa lancar.

Jadi, dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar lemak jahat, seperti daun mengkudu, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang.

4. Mencegah diabetes

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa menimbulkan diabetes. Kondisi ini biasanya diawali dengan resistensi insulin, yakni kondisi ketika tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah gula darah menjadi energi.

Daun mengkudu memiliki efek antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan baik. Berkat efeknya ini, daun mengkudu dapat membantu tubuh menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi serta mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Agar terhindar dari penyakit ini, Anda juga perlu membatasi konsumsi gula dan menerapkan gaya hidup sehat.

5. Mencegah kanker

Manfaat daun mengkudu selanjutnya juga tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas sehingga sel-sel kanker tidak mudah tumbuh.

Namun, untuk memperoleh manfaat ini, Anda tidak dianjurkan untuk hanya mengandalkan daun mengkudu. Agar terhindar dari kanker, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin olahraga, menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Daun mengkudu juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan otak, terutama dalam mencegah penyakit Alzheimer. Manfaat daun mengkudu untuk mencegah penyakit ini didapatkan dari kandungan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa daun maupun buah mengkudu baik dikonsumsi untuk melancarakan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membuat konsentrasi dan daya ingat tetap kuat, serta mengurangi risiko terkena Alzheimer ataupun gangguan kognitif lainnya, misalnya pikun.

7. Menjaga kesehatan kulit

Daun mengkudu kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet maupun polusi.

Jadi, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti daun mengkudu, dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini, memperbaiki kerutan, dan mencegah flek hitam serta jerawat.

8. Membantu penyembuhan luka

Manfaat daun mengkudu selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan luka. Khasiat ini juga didapatkan dari kandungan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk memberikan struktur pada kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat.

Kekurangan kolagen dalam tubuh akan membuat penyembuhan luka menjadi lambat. Jadi, Anda dapat mengonsumsi daun mengkudu guna mempercepat penyembuhan luka, seperti goresan atau bahkan luka pascaoperasi. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan