Petugas Kepolisian Resor Subang, batal memberlakukan sistem one way di ruas tol Cipali, dari KM 188 Palimanan sampai KM 77.

Pemberlakuan One Way Di Tol Cipali Batal Dilakukan, Arus Kendaraan Yang Masuk Ke GT Cilameri Padat

Karena menurut, Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, melalui Padal Pos Pantau GT Cilameri AKP Ikin Sodikin, volume kendaraan dari arah Cirebon dan Jawa, terpantau masih landai.

"Kita batal memberlakukan one way di ruas Tol Cipali, karena volume kendaraan dari arah Cirebon dan Jawa masih terpantau lancar," ungkap AKP Ikin kepada RRI di Subang, Selasa (26/12/2023).

Artinya, arus mudik Natal 2023, lanjut Padal Pos Pantau GT Cilameri, tidak terjadi lonjakan arus kendaraan, baik dari arah Cirebon, maupun dari arah Jawa.

"Alasan lain atas dibatalkannya sistem one way di ruas tol Cipali, karena tidak terjadi lonjakan arus kendaraan pada arus balik libur Natal kali ini," terangnya.

Namun demikian, kata Ikin, pihaknya masih terus berjaga-jaga, jika malam nanti terjadi lonjakan arus kendaraan dari arah Cirebon dan Jawa.

"Jadi penerapan sistem one way ini, tentatif, kita melihat situasi dan kondisi, jika nanti malam terjadi lonjakan, one way pasti di terapkan, sehingga kami juga di sini masih terus berjaga-jaga," tandas AKP Ikin.

Arus kendaraan dari arah jalur wisata, yang masuk ke Gerbang Tol (GT) Cilameri, terpantau padat, di tambah cuaca hujan deras.

Kepadatan arus kendaraan tersebut, menurut Padal Pos Pantau Operasi Lilin Lodaya 2023 GT Cilameri AKP Ikin Sodikin, dikarenakan terjadi antrian kendaraan di saat transaksi di GT Cilameri.

Pemberlakuan One Way Di Tol Cipali Batal Dilakukan, Arus Kendaraan Yang Masuk Ke GT Cilameri Padat

"Mungkin karena situasinya hujan, jadi menghambat pengguna kendaraan saat bertransaksi di gerbang Tol, sehingga terjadi antrian panjang hingga mengekor ke jalur arteri Subang-Pamanukan," ungkap AKP Ikin Sodikin, Selasa (26/12/2023).

Kepadatan kendaraan di GT Cilameri ini, lanjut Ikin, bisa kembali lancar, jika hujan sudah reda.

"Ya kalau hujan sudah reda, kepadatan arus kendaraan di GT Cilameri ini, akan kembali lancar," tukasnya.(*)