Persib Bandung kembali harus puasa kemenangan setelah hanya mampu bermain imbang 0-0, dengan tuan rumah Bali United, di stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin (18/12/2023). Hasil itu pun membuat Henhen Herdiana gagal memecahkan rekor tak pernah menang melawan Serdadu Tridatu sejak tahun 2017.

Persib Perpanjang Rekor Tak Pernah Menang dari Bali United

Jalanya laga di babak pertama berlangsung ketat, Persib terlebih dahulu mengancam pada menit ke-7 lewat sepakan Dedi Kusnandar dari jarak jauh, tapi kiper Bali United Adilson Maringa masih sigap menepisnya.

Menit ke-9 giliran Bali yang membongkar pertahan lawan, Rahmat Arjuna melepaskan tendangan jarak dekat, namun dengan sigap kiper Persib Kevin Ray Mendoza melakukan penyelamatan penting.

Bali United hampir membobol gawang Persib pada menut ke-10, andai saja tendanga Elias Dolah tak terkena tiang hasil umpan tendang Mohammed Rashid.

Menit ke-19, untuk kedua kalinya hasil sundulan Elias Dolah saat menerima umpan sepak pojok, membentur mistar gawang Persib Bandung.

Maung Bandung mendapatkan peluang emas di menit 38. Umpan Marc Klok dari sisi kiri mengarah ke tengah menuju Beckham Putra yang tak terjaga, sayang sepakan pemain bernomor tujuh itu justru melambung jauh dari gawang.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tanda berakhirnya empat menit waktu tambahan di babak pertama, skor 0-0 menjadi hasil sementara dari duel kedua kesebelasan.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-59, sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Jefferson Asiss, lagi-lagi masih dimentahkan tiang gawang kiri Persib.

Menit ke-81, Alberto Rodriguez melakukan penyelamatan dengan memutus umpan silang Privat Mbarga di dalam kotak pinalti, sebelum dikirimkan ke Ilja Spasojevic.

Kiper Persib Kevin Ray Mendoza kembali melakukan penyelamatan gemilang pada Menit ke-82, pemain berpaspor Filipina itu menggagalkan bola hasil sundulan Ilja Spasojevic dengan reflek kaki kanannya.

Menit ke-86 Persib balik mengancam, David da Silva berhasil melakukan sundulan, meneruskan umpan panjang yang dilepaskan Alberto Rodriguez, tapi masih mampu digagalkan Adilson Maringa.

Bali United harus bermain dengan 10 orang,  setelah pada menit ke-87 bek mereka Jajang Mulyana harus mendapatkan kartu kuning keduanya berujung akumulasi kartu merah, usai melanggar David da Silva.

Menang jumlah pemain tak membuat Persib dengan mudah menjebol gawang tuan rumah. Bahkan, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya lima menit waktu tambahan di babak kedua, skor kacamata tidak berubah bagi kedua kesebelasan.

Dengan hasil ini, Bali United tetap berada diperingkat kedua dengan mengumpulkan 41 poin, disusul Persib di tempat ketiga dengan koleksi 40 poin.

Persib juga menyayangkan masih adanya sekelompok Bobotoh yang memaksakan hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, pada pertandingan pekn ke-23 kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 melawan Bali United, Senin, 18 Desember 2023. Padahal, berdasarkan regulasi, suporter tim tamu dilarang hadir di stadion.

Berdasarkan laporan yang diterima, sekelompok Bobotoh yang melakukan awayday tersebut antara lain Viking Batas Suci, Viking Farmasi, Viking Karawang dan Viking Banjaran.

"Perilaku seperti itu tidak patut dicontoh karena merupakan pelanggaran terhadap peraturan yang sudah ditetapkan," kata Vice President Operational PT PERSIB Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat, lewat siaran pers yang diterima, Senin (18/12/2023).

Dikatakan Andang, Persib sebelumnya sudah mengimbau kepada seluruh bobotoh untuk tidak hadir pada pertandingan away.

"Karena masih ada upaya pemaksaan untuk datang, tentu saja kami harus memberikan catatan terhadap beberapa distrik Viking yang tetap melakukan awayday setelah diimbau tersebut. Sebab, kita tidak ingin hal seperti ini terulang lagi ke depannya," tegasnya.

Menurut Andang, pengurus pusat VPC dan ketua distrik mestinya turut mengimbau kepada anggotanya untuk tidak melakukan awayday lantaran merupakan tindakan melanggar regulasi.(*)