*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Dorong Siswa Berkarakter Aswaja, SMP Al Firdaus Cilamaya Kulon Pembiasaan Religi

Puluhan siswa/i SMP Islam Al Firdaus antusias ikuti kegiatan religi setelah hadirnya masjid di lingkungan sekolahnya, Selasa (16/1/2024). Selain mengimbangi kurikulum nasional seperti Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), para siswa SMP di Muktijaya Kecamatan Cilamaya kulon ini juga siap menyongsong jadi role model pelajar berhaluan Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) dibawah kendali Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Kabupaten Karawang. 

Foto : Kegiatan Religi Siswa SMP Islam Al Firdaus Cilamaya Kulon dj Mesjid

Guru SMP Islam Al Firdaus Zaeni Usman S.Pd mengatakan, meskipun sekolah swasta di bawa naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), namun pembiasaan religi di lakukan pihak sekolah, bukan saja bertujuan pembentukan karakter dan agamis bagi lingkungan, tetapi juga implementasi dari pendidikan Ahlussunah Wal Jamaah. Pembiasaan seperti Yasinan, Rotibul Hadad, Sholat Duha Berjamaah, Pembacaan Asmaul Husna jelang pembelajaran menjadi agenda rutin pihak sekolah yang bukan hanya menyasar siswa, tapi juga bagi semua guru-guru dan lingkungan sekolah. Sehingga, sebut Usman, dorongan religious sedari dini ini mampu membentengi siswa dari potensi kenakalan pelajar, penyalahgunaan obat terlarang, radikalisme hingga tawuran.

"Setiap pagi kita biasakan pembacaan Asmaul Husna, dan duha bersama, bahkan guru - guru juga ikuti kegiatan rotiban dan pengajian, " Ungkapnya. 

Jebolan Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon asal Desa Sukamulya ini menambahkan, dengan sarana pra sarana keagamaan yang memadai, siswa SMP Al Firdaus yang jumlahnya baru 75 orang, diharapkan menjadi role model bagi sekolah lainnya dalam pengembangan religi untuk pembentukan karakter dan mental Aswaja. Sehingga, para alumni nantinya, tak hanya memiliki kompetensi akademik, tapi juga nilai spiritual yang baik. 

"Jadi pembentukan karakter ini bukan hanya sebagai visi misi sekolah, tetapi nyata kami implementasikan dalam kegiatan sehari-hari, " Ungkapnya. (Rd)

Komentar0