*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Dua Tim Dipastikan Lolos 16 Besar Piala Asia

Sejauh ini dua tim telah berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Dua tim itu adalah tuan rumah Qatar dan Australia.

Dua Tim Dipastikan Lolos 16 Besar Piala Asia

Sesuai peraturan Piala Asia 2023, dua tim teratas di setiap grup serta empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melangkah ke babak 16 besar. Usai pertandingan pertama matchday kedua malam ini, Kamis (18/1/2024) terdapat dua tim yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar.

Australia jadi tim terbaru yang bisa merebut tiket ke babak 16 besar. Kepastian itu diraih anak asuh Graham Arnold setelah menang 1-0 atas Suriah pada laga kedua Grup B di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis, (18/1/2024).

Tambahan tiga poin membuat Australia kini memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin, unggul lima poin dari Uzbekistan di urutan kedua. Secara matematis, Australia sudah tak mungkin terlempar dari dua besar yang mengartikan mereka dipastikan melangkah ke babak 16 besar.

Selain itu, tuan rumah Qatar menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Mereka lolos usai meraih dua kemenangan di Grup A.

Pada matchday pertama, Jumat (12/1/2024) Qatar menang 3-0 lawan Lebanon. Setelahnya, pada matchday kedua, Rabu (17/1/2024) Qatar menang 1-0 lawan Tajikistan.

Hasil itu membuat Qatar punya enam poin dan dipastikan finis sebagai juara Grup A. Qatar lolos ke babak 16 Besar, walau masih punya satu laga yang harus dimainkan di Grup A.

Di sisi lain, nasib Timnas Indonesia akan ditentukan pada 19 Januari di mana mereka bakal menghadapi rivalnya di ASEAN, Vietnam. Saat ini, skuad Garuda saat ini menduduki posisi terbawah Grup D tanpa poin, setara Vietnam tetapi kalah jumlah mencetak gol.

Andai kalah dari Vietnam, peluang Timnas Indonesia untuk melangkah ke 16 besar hampir tertutup. Selain harus menghadapi Jepang pada matchday terakhir Grup D, jumlah poin maksimal Garuda hanyalah tiga dan hal itu dinilai tak cukup untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.(*)

Tim Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023:

1. Qatar

2. Australia

Komentar0