GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Kembali Kunjungi Karawang, Kali Ini Panen Ikan Bandeng Jadi Sasaran Blusukan Ganjar Pranowo

Ada pemandangan yang berbeda disaat para petani tambak hendak memanen ikannya yang berada di tambak. Jika pada umumnya memanen ikan hasil budidaya di tambaknya itu hanya dilakukan oleh para petani tambak saja, namun hal itu tak berlaku bagi para petani tambak di Karawang saat melakukan panen ikan bandengnya tersebut.

Foto : Kembali Kunjungi Karawang, Kali Ini Panen Ikan Bandeng Jadi Sasaran Blusukan Ganjar Pranowo

Sebab, kedatangan dari Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo di area tambak ikan bandeng yang berada di Desa Tanjung Mekar, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang tersebut membuat riuh puluhan ribu pasang mata dari masyarakat Karawang ketika melihat salah satu calon pemimpin negerinya itu berjalan diantara galengan tambak.

Berdasarkan pantauan wartawan di Karawang, ada ribuan masyarakat dari berbagai kalangan yang sejak pagi hari sudah berdiri berjajar di galengan tambak ikan bandeng untuk menyambut hangat akan kedatangan Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo di area tambak ikan bandeng milik para petani tambak di Desa Tanjungmekar, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang pada Minggu (14/1/2024).

Adapun aksi blusukan yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo untuk yang ke dua kalinya di Karawang, kunjungannya kali ini yaitu untuk turut serta menyaksikan para petani tambak memanen hasil budidaya ikan bandengnya. Setelah menyaksikan panen ikan bandeng, Ganjar pun langsung bergegas menuju ke panggung utama yang telah disediakan di sekitaran area tambak ikan.

Di dalam kesempatan itu juga, sontak menjadi salah satu momentum berharga bagi para petani tambak di Karawang untuk menyampaikan harapan dan aspirasinya secara langsung kepada Ganjar Pranowo. Jika Ganjar terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia, para petani tambak pun meminta kepada dirinya untuk bisa dan bersedia dalam membantu kesulitan-kesulitan yang kerap ditemui oleh petani tambak.

"Pak, jika nanti bapak terpilih menjadi presiden, kami hanya meminta kepada Pak Ganjar untuk bisa meringankan beberapa kesulitan kami sebagai para petani tambak. Jujur pak, kami masih sering kesulitan untuk mendapatkan pupuk yang murah pak. Kemudian kami juga berharap kepada bapak, agar sedianya bapak bisa membantu kami, dalam segi hal penjualan hasil panen ikan bandeng kami yang dapat tersalurkam dengan baik dan harga jualnya juga bisa sesuai dengan harga di pasaran pak," ungkap salah seorang petani tambak di Karawang, Nila Saepulloh (56) saat menyampaikan harapannya dihadapan Ganjar.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengungkap bahwa perjuangan para petani tambak ikan bandeng ini menjadi salah satu perhatian yang akan diutamakan oleh pihaknya. Terlebih lagi perihal dengan kesulitan petani tambak yang sulit untuk mendapatkan pupuk murah pun harus diperjuangkan juga.

"Tentunya saya juga sudah mendengar tentang adanya keluhan dari petani tambak, soal sulitnya mendapatkan pupuk yang murah. Memang  kalau pupuk itu sangat penting buat petani tambak, sehingga kita harus memberikan solusi yang tepat dan cepat untuk teman-teman petani tambak," ungkap Ganjar di dalam orasi kampanyenya yang ke dua kalinya dihadapan ribuan masyarakat pesisir Karawang.

Ganjar yang mengaku sangat senang karena sudah diajak untuk menyaksikan panen ikan bandeng oleh masyarakat di Kecamatan Pakisjaya yang notabenenya kebanyakan sebagai para petani tambak, pihaknya juga mendengar sendiri bagaimana perjuangan para petani tambak di Karawang yang baru kali ini bisa kembali menanen hasil budidaya ikan bandengnya setelah sempat mengalami musibah pencemaran lingkungan akibat air laut di pesisir Karawang sempat tercemari oleh bocoran minyak dari salah satu perusahaan kilang minyak milik plat merah.

"Dan saya baru dengar juga dari teman-teman petani tambak, bahwa rupanya mereka ini baru bisa panen laginya itu sekarang loh. Perjuangan petani tambak ini sangat luar biasa sekali loh hingga mereka bisa kembali bekerja lagi seperti yang tadi kita lihat itu, sebab mereka ini ternyata sempat tidak bisa bekerja karena musibah air laut yang mengaliri area tambaknya itu tercemari oleh bocoran minyak," katanya.

Dari kunjungan safari politiknya kepada para petani tambak di Karawang, Ganjar mengakui bahwa tehnologi yang muncul dari petani lokal perlu menjadi perhatian utama bagi pemerintah dikarenakan para petani tambak di Karawang ini dinilainya sudah berhasil mengatasi permasalahan air laut yang sempat tercemari oleh bocoran minyak.

"Meskipun dengan menggunakan tekhnologi lokal yang mereka punya, tetapi Alhamdullilah sekarang mereka sudah bisa untuk mulai panen ikan bandengnya lagi di tambak. Dan karenanya, tentunya hal ini lah yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama, utamanya menjadi perhatian serius bagi pemerintah juga," pungkasnya.(*)

Komentar0