GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Tanggul Jebol Rumah Warga Desa Citereup Terendam

Tanggul sungai Cigede Kampung Lamajang Peuntas jebol, akibatnya rumah warga di Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot Bandung, terendam air mencapai ketinggian 1 meter. Sejumlah warga masih terjebak di dalam rumah, pada Kamis malam (11/1/2024).

Tanggul Jebol Rumah Warga Desa Citereup Terendam

Relawan Tagana Kab Bandung Yan Mulyana menerangkan, mengatakan banjir diakibatkan luapan air besar kiriman sungai Cikapundung ke sungai Cigede sehingga tanggulnya jebol.  Peristiwa itu terjadi pada pukul 17.30 WIB tadi.

"Kejadiannya sore, sekitar jam 5 lebih. Lokasinya tanggulnya di dekat jembatan Pasigaran, dekat sekolah Pertiwi. hingga dini hari air ketinggian satu meter lebih, warga terdampak disini ada 184 KK. Warga sebagian bertahan dirumahnya, walaupun listrik dipadamkan, dan relawan sebagian sudah masuk ke pemukiman warga, jika ada yang ingin dievakuasi," ungkap Yan, di lokasi, Jumat dinihari (12/1/2024).

Sementara itu, Dadan (60) warga Desa Citereup menambahkan, banjir besar ini sudah lama tidak terjadi, terakhir tahun 2015 terjadi.

"Kalo banjir sudah biasa di sini, dan warga bertahan, karena 3 hingga 4 jam air surut. Karena ada beberapa sodetan sungai di daerah Kab Bandung yang menyerap banjir. Tetapi kali ini, karena kiriman air besar dari kota dan tanggul tidak kuat menahan debit air, " kata dadan.

Pantauan rri.co.id, genangan air di desa Citereup pada pagi hari mulai berkurang, relawan dan masyarskat bertahan di lokasi banjir, "Kalau 2 hari belum surut kita akan membuks posko dan dapur umum," katanya.(*)

Komentar0