GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Wilayah Radius 4,5 Kilometer Paling Terdampak Abu Merapi

PVMBG menyebutkan, wilayah-wilayah radius 4,5 kilometer dari Gunung Merapi paling terdampak material erupsi. Oleh sebab itu, level 'Siaga' diterapkan PVMBG agar masyarakat bisa mewaspadai bahayanya abu vulkanik.

Wilayah Radius 4,5 Kilometer Paling Terdampak Abu Merapi

"Daerah-daerah yang terdampak, kemungkinan besar adalah terdampak oleh Abu vulkanik. Abu vulkanik ini sangat luas dampaknya bisa ke mana saja, sangat bergantung pada arah dan Kecepatan angin," kata Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Merapi PVMBG, Kristianto saat berbincang dengan PRO3 RRI, Minggu (14/1/2024).

Kristianto membeberkan, data BMKG terkait kondisi angin di sekitar Gunung Merapi. Disebutkannya, angin di Gunung Merapi rata-rata berhembus dari timur laut.

"Sehingga, arah di barat daya Gunung Merapi inilah yang paling banyak terdampak oleh Abu vulkanik. Arahan buat masyarakat, atau pengunjung yang ingin ke Merapi ini, harus tetap mengikuti arahan dari PVMBG," ucapnya.

Kemudian, Kristianto mengimbau, masyarakat yang tinggal 4,5 kilometer dari Gunung Merapi segera mengevakuasi diri. Dikhawatirkan, masyarakat terjangkit ISPA akibat menghirup abu vulkanik.

"Radius 4,5 kilometer untuk tidak dimasuki. Kalaupun ada masyarakat yang bermukim, agar segera dievakuasi dari radius tersebut," ujarnya.(*)

Komentar0