Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia, berlaku untuk Rabu (7/2/2024).

Prakirawan BMKG Efa Septiani mengatakan, di pulau Sumatra, cuaca cerah berawan dan diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh. 

Kemudian, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Medan dan Tanjung Pinang. Selain itu, cuaca berkabut diprakirakan terjadi di kota Pekanbaru.

Ia memprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di kota Padang, Bengkulu, dan Palembang. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Bandar Lampung. 

Selanjutnya, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Pangkal Pinang. "Waspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi kota Jambi," kata Efa.

Di pulau Jawa, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di dua kota. Seperti, kota Bandung dan Surabaya.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Semarang dan Yogyakarta. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Serang. "Cuaca di kota Jakarta diprakirakan berawan tebal pada Rabu ini." ujarnya.

Sementara di pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Beralih ke pulau Kalimantan, cuaca berawan dan berawan tebal masing-masing diprakirakan terjadi di kota Palangkaraya dan Pontianak.

Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Banjarmasin dan Tanjung Selor. "Waspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Samarinda," ucapnya.

Beralih ke pulau Sulawesi, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Manado. Selanjutnya, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Gorontalo, Mamuju, Palu, dan Kendari. "Potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Makassar," katanya.

Di Indonesia Timur, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura. "Waspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Ambon," ujarnya.(*)