Di setiap kulkas rumah selalu tersedia telur, karena harganya sangat cukup terjangkau. Tentu sangat bosan jika telur diolah denga resep itu-itu saja.

Foto ilustrasi

Dikarenakan ini masuk akhir bulan, Anda dapat membuat telur geprek crispy dengan sambal bawang. Makanan sederhana ini paling enak dinikamti bersama nasi hangat.

Resep Telur Geprek

Bahan Utama:

4 Butir telur ayam

1 Ikat daun bawang

Bahan Celup:

4 sendok makan tepung terigu 

2 siung bawang putih

½ sendok the garam

Air secukuprnya

Tepung Pelapis:

5 sendok makan tepung terigu atau tepung serba guna

1 sendok makan tepung maizena

¼ sendok the garam

¼ teh baking soda

Minyak goeng secukupnya

Bahan sambal:

1 siung bawang putih

10 cabe rawit

Minyak secukupnya

Garam secukupnya

Cara membuat:

- Pecahkan telur dan kocok bersama irisan daun bawang, kemudian panaskan minyak dan buat dadar gulung. Setelah matang, angkat, potong-potong, dan sisihkan. 

- Haluskan bawang putih dari bahan pencelup, kemudian tuangkan air dan garam. Jangan tuangkan terlalu banyak agar pencelup tidak terlalu encer saat digunakan untuk marinasi.

- Masukkan telur dadar dalam pencelup sampai rata. Kemudian gulingkan dalam tepung pelapis. 

- Lapisi seluruh permukaan telur dadar dengan tepung pelapis. Lakukan dan diulang dua kali mulai dari bahan pencelup dan bahan pelapis. 

- Kemudian cubit-cubit untuk menciptakan tekstur crispy pada permukaannya. Goreng telur balut tepung dalam minyak panas dan banyak. 

- Gunakan api kecil saja. Setelah bagian luarnya berwarna coklat keemasan, tiriskan minyaknya dan sisihkan. 

- Untuk membuat sambal, haluskan bawang putih, cabai rawit, dan garam di cobek. Tuang setengah sendok teh minyak panas bekas menggoreng.

- Letakkan telur goreng crispy di atas cobek sambal korek, kemudian geprek. Setelah itu sajikan geprek bersama nasi hangat dan lalapan.(*)