Breaking News
---

Harga Darah Kepiting Tapal Kuda Nyaris Rp1 Miliar, Viral di Platform X

Hewan langka kepiting tapal kuda disebut-sebut, sebagai makhluk purba yang memiliki harga tinggi. Kepiting tapal kuda yang memiliki warna biru itu, dikabarkan memiliki nilai jual nyari Rp1 miliar per galon.

Harga Darah Kepiting Tapal Kuda Nyaris Rp1 Miliar, Viral di Platform X

Mengutip laman Business Insider, satu galon darah kepiting tapal kuda bisa dibanderol sekitar US$60 ribu. Jika dilakukan kurs rupiah, maka harga darah biru kepiting tapal kuda sekitar Rp944,13 juta (kurs Rp15.735).

Melansir laman Natural History Museum, hewan langka kepiting tapal kuda saat itu menjadi incaran para pemburu. Pemburu tersebut, memburu darah biru yang disebut memiliki banyak manfaat. 

Kepiting tapal kuda itu dinilai memiliki jasa besar untuk kehidupan manusia. Karena, sudah banyak vaksin dan obat-obatan yang diciptakan, berkat darah kepiting tersebut.

Darah biru kepiting tapal kuda, digadang-gadang mengandung sel kekebalan hingga sangat sensitif terhadap bakteri beracun. Maka dari itu para ilmuwan mengandalkan darah dari hewan ini.

Terutama, dalam mengembangkan tes Limulus Amoebosit Lisat (LAL) yang memeriksa kontaminasi pada vaksin baru. Serta LAL digunakan untuk mendeteksi patogen dalam obat-obatan yang sangat diperlukan seperti antibiotik suntik.

Hewan ini sangat bermanfaat dan dinilai berperan besar dalam membantu kehidupan manusia. Bahkan, sejumlah negara dunia dan para peneliti masih mengandalkan darah Kepiting Tapal Kuda untuk tes penting tersebut.

Perbincangan tentang kepiting tapal kuda mendadak viral di platform X (Twitter). Hewan langka kepiting tapal kuda ini menjadi buah bibir, karena bentuknya yang unik dan memiliki darah berwarna biru.

Kepiting tapal kuda juga disebut-sebut, sebagai hewan purba yang sudah ada sejak 400 juta tahun. Darah biru pada kepiting tapal kuda yang memiliki nilai jual mahal itu, dinilai memiliki kasiat kesehatan tinggi.

“Pengetahuan yang baru sender dapet dan bisa dishare dia namanya kepiting tapal kuda. Dia hewan purba dan udah ada sejak lebih dari 400jt tahun lalu, warna darah dia biru,” kata salah satu akun X, Sabtu (2/3/2024) lalu.

Unggahan tersebut, sampai saat ini telah dilihat oleh sekitar 1.3 juta pengguna X. Postingan itu juga mendapatkan like hingga 31 ribu pengguna X.

Tidak hanya itu, kolom komentar pada unggahan itu juga dipenuhi dengan respon warganet. Warganet banyak yang baru mengetahui keunikan darah biru dari hewan tersebut.

Karena memiliki warna darah unik, hewan ini juga viral karena sering diburu darahnya untuk dijual. Bahkan, harga darah biru milik Kepiting Tapal Kuda bisa dijual sekitar ratusan juta rupiah.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan