Umat muslim tidak lama lagi akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Berpuasa tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, anak-anak berusia 7 tahun ke atas juga sudah boleh melakukannya.

Tip Ajarkan Anak Puasa di Bulan Ramadan

Berpuasa dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi mereka yang menjalankannya. Dengan catatan, jika puasa dilakukan dengan benar.

Bagi Anda yang ingin mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadan. Cobalah simak terlebih dahulu tip di bawah ini seperti dikutip dari Alodokter:

1. Mengenalkan makna dan tujuan puasa

Sebelum anak berpuasa, Anda dapat mengenalkan konsep berpuasa dengan penjelasan yang mudah ia mengerti. Anda juga bisa menjelaskan kepada anak tentang manfaat puasa untuk kesehatan.

Ketika anak sudah mengerti makna dan manfaat puasa, diharapkan ia menjadi antusias. Terutama dalam menjalani puasa pertamanya.

2. Mengajarkan puasa secara bertahap

Mengajari anak berpuasa harus dilakukan secara bertahap. Anda bisa mengajari anak menahan haus dan lapar.

Pelajaran ini dilakukan selama beberapa jam terlebih dahulu atau hingga jam 12 siang. Hindari menyuruh anak untuk berpuasa sehari penuh.

3. Memberikan motivasi pada anak

Jika anak sudah mulai bosan menjalani puasa, Anda bisa memberinya motivasi untuk menyulut semangatnya. Bila perlu, Anda bisa memberi anak hadiah.

Misalnya ketika ia berhasil menjalani puasa seharian penuh. Atau sesuai target hari yang telah disepakati sebelumnya.

4. Mengajak anak makan sahur

Mengajak makan sahur juga menjadi salah satu tips puasa pertama bagi Si Kecil yang bisa Anda lakukan. Sahur sangat penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama berpuasa.

Namun, anak bisa kesulitan bangun sahur di malam hari. Agar anak mudah dibangunkan saat sahur, Anda dapat memintanya untuk tidak tidur pada larut malam.(*)