Breaking News
---

UNESCO Tetapkan Idulfitri Iduladha sebagai Hari Besar Keagamaan

Dunia mengakui hari raya umat Islam, Idulfitri dan Iduladha sebagai Hari Besar Keagamaan. Pengakuan disampaikan dalam laman resmi Organisasi Pendidikan, Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). 

Foto ilustrasi : Rapat UNESCO

Berdasarkan dokumen di situs UNESCO, pengakuan tersebut sebagai tanggapan usulan lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. "Pengakuan dan perayaan Idulfitri dan Iduladha oleh UNESCO menggarisbawahi komitmen organisasi untuk mendorong pemahaman budaya dan saling menghormati," kata keterangan dokumen tersebut, dikutip Sabtu (30/3/2024).

Bukti dari pengakuan adalah UNESCO tidak akan mengadakan pertemuan resmi di dua waktu tersebut. Keputusan ini juga berlaku untuk pertemuan di Markas Besar UNESCO di Paris.

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan rasa syukur. "Alhamdulillah, atas usulan Indonesia, dan didukung lebih dari 30 negara," ujar pernyataan Kemendikbud.

Mengutip laman Kemlu RI, Indonesia telah menjadi anggota UNESCO sejak 1950. Pada 2023, Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027.

Dengan posisi saat ini, Indonesia bisa berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan strategis terkait program UNESCO. Selain itu, Dewan Eksekutif juga punya peran dalam mengawasi berjalannya program UNESCO.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan