Atalanta berhasil singkiran Fiorentina dengan skor telak 4-1 dalam leg kedua semi-final Coppa Italia Frecciarossa 2023-2024. Hasil ini mengubah defisit 0-1 dari leg pertama menjadi tiket ke final, Atalanta akan melawan Juventus di final.

Atalanta ke Final Coppa Italia dengan Kemenangan 4-1

Pertandingan dimainkan di Stadion Gewiss, Kamis (25/4/2024) yg dimulai dengan intensitas tinggi. Fiorentina mencoba untuk mengancam lewat serangan dari Nico Gonzalez dan Belotti, tetapi Carnesecchi, kiper Atalanta, mampu mengantisipasi dengan baik. 

Namun, kebangkitan dimulai ketika umpan terobosan dari Scamacca mengirim Koopmeiners meluncur ke gawang lawan. Pemain asal Belanda itu tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membobol gawang pada menit kedelapan.

Atalanta hampir kembali unggul, namun gol Scamacca dianulir oleh VAR pada menit ke-14, setelah adanya pelanggaran oleh Koopmeiners saat membangun serangan. Meski begitu, semangat juang tuan rumah tidak terbendung dan terus menerjang pertahanan Fiorentina.

Pada babak kedua, drama semakin memanas ketika Milenkovic dari Fiorentina diusir keluar lapangan setelah mendapatkan kartu merah langsung pada menit ke-53. Namun, Fiorentina berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-68 melalui Martinez Quarta, membuat suasana menjadi tegang di Stadion Gewiss.

Tetapi, kegigihan Atalanta tak tergoyahkan. Mereka kembali memimpin pada menit ke-75 melalui gol Scamacca yang dibantu oleh De Ketelaere. Keberuntungan semakin berpihak kepada Atalanta ketika Lookman menggandakan keunggulan pada menit ke-95.

Puncaknya, Pašalić mencetak gol keempat pada menit ke-98, mengunci kemenangan atas Fiorentina dan memastikan tiket ke final. Atas hasil ini Atalanta sukses ke final Coppa Italia. (*)