HEADLINE
---

Bapanas Benarkan Harga Bawang Merah Naik Tapi Terkendali

Badan Pangan Nasional (Bapanas) membenarkan adanya tren kecenderungan harga bawang merah yang naik. Tetapi pihaknya memastikan kenaikan tersebut masih mampu dikendalikan oleh pemerintah.

Foto ilustrasi

"Bawang merah itu itu ada kecenderungan naik. Betul," ucap Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa,(25/4/2024).

Gusti menyebutkan harga bawang merah sebelumnya jauh di bawah Harga Acuan Pembelian (HAP), yakni Rp25 ribu-30 ribu per kilogram. Menurutnya kondisi tersebut terjadi pada periode Januari hingga Maret 2024 di tingkat produsen.

Namun saat ini kata dia hujan sudah turun hingga mengerek naik harga bawang merah yang ada di pasaran. Namun Ia menegaskan pemerintah juga memiliki peran dalam menjaga harga di tingkat produsen agar petani tak merugi.

"Namun harapan kita bisa kendalikan harga. Sehingga sekali lagi posisi harga di produsen harus kita jaga jangan sampai di bawah harga acuan yang kita tetapkan," katanya.

Sebelumnya, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga bawang merah alami kenaikan di pekan ketiga April 2024. Harga rata-rata nasionalnya RP42.200 per kilogram dari sebelumnya di pekan pertama yang di kisaran Rp37.613 per kilogram.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan