Headline
---

Dua Helikopter Militer Jepang Jatuh, Diduga Saling Tabrakan

Dua helikopter Pasukan Bela Diri Maritim (MSDF) Jepang jatuh saat melakukan latihan di Samudra Pasifik, Sabtu (20/4/2024) malam. Sedikitnya satu dari delapan awaknya tewas dan tujuh lainnya masih dalam pencarian, menurut Menteri Pertahanan Jepang, Minggu (21/4/2024).

Dua Helikopter Militer Jepang Jatuh, Diduga Saling Tabrakan

Kedua helikopter tersebut jatuh di perairan sekitar 270 kilometer sebelah timur Pulau Torishima di rangkaian Pulau Izu. Mereka tengah berlatih tempur anti-kapal selam pada malam hari di daerah tersebut.

Mengutip Kyodo News, Menteri Pertahanan Minoru Kihara mengatakan dua heliopter itu diyakini saling bertabrakan. Rangkaian pulau Izu terletak di selatan Tokyo.

Helikopter SH-60K, masing-masing membawa empat awak, kehilangan kontak masing-masing pada pukul 22.38 dan 23.04 waktu setempat. MSDF menerima sinyal darurat pada pukul 22.39.

Kihara mengatakan dua alat perekam penerbangan sudah ditemukan. Puing-puing yang dianggap baling-baling kedua helikopter dan bagian lainnya juga ditemukan selama pencarian.

Kihara mengatakan pelatihan MSDF yang melibatkan helikopter SH-60K akan ditangguhkan, menyusul terjadinya insiden tersebut. Penyebab insiden tersebut masih belum diketahui.

Kepala Staf MSDF Laksamana Ryo Sakai mengatakan tidak ada tanda-tanda negara lain terlibat dalam kecelakaan tersebut. SH-60K MSDF dapat membawa hingga empat orang dan memiliki sistem anti-kapal selam sendiri, meniru SH-60 Angkatan Laut AS.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan