Timnas U-23 Jepang berhasil melangkah ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Samurai Biru mengalahkan tuan rumah Qatar 4-2 di babak perempat final, Kamis (25/4/2024) malam.

Kalahkan Qatar, Jepang ke Semifinal Piala Asia U-23

Bertanding di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Jepang berhasil unggul cepat 1-0 pada menit kedua. Tembakan keras Fuki Yamada dari luar kotak penalti gagal diamankan oleh kiper Qatar.

Qatar berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-24. Tim tuan rumah mencetak gol lewat sundulan Ahmed Al Rawi meneruskan umpan Abdullah Al Yazidi.

Pada menit ke-41 Qatar bermain dengan 10 pemain setelah wasit Hanna Hattab memberikan kartu merah langsung kepada kiper Youssef Abdullah. Ia melakukan pelanggaran keras karena mendaratkan kaki di perut pemain Jepang Mao Hosoya dalam duel udara di depan kotak penalti Qatar.

Meski bermain dengan 10 pemain, Qatar membuat kejutan pada awal babak kedua. Mereka berbalik unggul 2-1 berkat gol Jassem Gaber pada menit ke-49.

Jepang baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-67. Seiji Kimura berhasil menyundul bola dari umpan sepak pojok.

Jepang terus mengurung Qatar di pertahanannya sendiri. Namun, Jepang tidak mampu menciptakan gol tambahan sehingga mereka harus melakoni babak tambahan.

Pada menit ke-101 Jepang berhasil unggul 3-2. Mao Hosoya mencetak gol usai melepaskan tembakan datar yang tak mampu diblok kiper Qatar.

Di menit ke-113 Jepang sukses menambah keunggulan menjadi 4-2 lewat gol Kotaro Ochino. Hingga pertandingan berakhir skor tidak berubah Jepang menang atas Qatar dengan skor 4-2.

Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke semifinal dan selangkah lagi lolos ke Olimpiade Paris 2024. Di semifinal nanti, Jepang menunggu pemenang antara Indonesia dan Korea Selatan yang saat ini sedang bertanding.

Susunan Pemain:

Qatar U- 23 XI (3-5-2): Youssef Abdullah, Abdullah Al Ali, Mohammed Aiash, Saif Eldeen Hassan, Hashmi Al Hussain, Mostafa Meshaal, Naif Al Hadrami, Jassem Gaber, Abdullah Al Yazidi, Khaled Ali, Ahmed Al Rawi.

Pelatih: Ilídio Vale.

Jepang U-23 XI (4-2-3-1): L. Kokubo, S. Kimura, A. Ohata, K. Takai, H. Sekine, R. Yamamoto, J. Fujita, F. Yamada, K. Matsuki, M. Hosoya, K. Sato.

Pelatih: G. Oiwa