Setelah hampir satu bulan lamanya umat muslim berpuasa secara konsisten. Dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, tidak terasa kini kita telah memasuki momen Lebaran.

Momen ini sendiri identik dengan banyaknya hidangan-hidangan yang sangat menggoda untuk dapat segera disantap. Seperti rendang, opor ayam, ketupat, kue kering, dan berbagai macam jenis makanan khas daerahnya.

Foto ilustrasi Ketupat Lebaran

Namun, jenis-jenis makanan di atas tergolong makanan yang sangat berlemak dan penuh denga kolesterol. Sehingga mengontrol porsi makan ketika memakan makanan tersebut harus diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang mengancam apabila kita tidak secara bijaksana. Atau berlebihan dalam mengkonsumsi hidangan Lebaran yang telah disebutkan diatas, di antaranya adalah:

1. Kolesterol Tinggi

Sejatinya, kolesterol merupakan salah satu unsur penting dalam tubuh kita untuk membangun sel-sel baru hingga menghasilkan vitamin D. Namun jika kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh, akan menyebabkan berbagai macam penyakit mengancam, seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Hipertensi

Hipertensi atau yang sering disebut tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya. Bahkan tidak jarang menyebabkan penderitanya mengalami kematian mendadak tanpa disertai gejala penyerta yang jelas.

3. Diabetes

Penyakit yang satu ini sudah cukup umum terdengar oleh masyarakat. Dengan kadar gula yang tinggi dalam tubuh, akan berisiko menimbulkan penyakit diabetes pada seseorang.

Selain beberapa penyakit di atas, masih banyak lagi berbagai penyakit yang mengancam dibalik lezatnya hidangan Lebaran. Ini apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berulang.

Kontrol kondisi kesehatan tubuh, kadar gula, kolesterol dalam tubuh setelah Lebaran. Ini untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas.(*)