Breaking News
---

Mau Lolos UTBK SBMPTN 2024? Ini Tipsnya

 Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang biasa kita sebut dengan UTBK, ialah ujian yang wajib diikuti untuk masuk kedalam Perguruan Tinggi Negeri. UTBK pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 ujian dengan berabasis komputer sebagai alat ujiannya.  

Apa perbedaan UTBK dan SBMPTN? Jika UTBK adalah ujian maka SMBPTN ialah proses seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi dengan menggunakan hasil tes dari UTBK tersebut. Saat ini ramai diperbincangkan oleh para pelajar yang ingin memasuki perguruan tinggi melalui tes UTBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 April-7 mei gelombang 1. Tinggal menghitung hari, para pelajarpun menyiapkan berbagai hal yang akan diujikan.

Foto ilustrasi

Berikut beberapa tips agar lolos UTBK SBMPTN Tahun 2024:

1. Memilih Jurusan Yang Tepat Sesuai Keinginan Pribadi

Agar lulus dalam SBMPTN kamu perlu memilih terlebih dahulu jurusan yang ingin kamu pilih dan bagaimana besarnya minat orang-orang pada jurusan yang akan kamu pilih. Begitu juga dengan Universitas yang kamu pilih semakin tinggi peringkat Universitas maka semakin banyak peminatnya.

2. Membangun Kesadaran Mental

Secara mental, kamu harus benar-benar sadar bahwa kamu sedang menghadapi UTBK. Kamu harus mengembangkan pola pikir bahwa hasil dari apa yang akan kamu lakukan sekarang tidak akan terlihat minggu depan tetapi akan terlihat ketika hasil UTBK diumumkan. Oleh karena itu, mental dan cara berpikirmu juga terbentuk. Berpikir bahwa perjuangan yang sedang kamu lakukan adalah perjuangan jangka panjang.

3. Latihan Mengerjakan Soal UTBK

Sebelum menghadapi soal UTBK yang sesungguhnya seringlah melatih kemampuan diri dengan mengerjakan soal-soal UTBK dari tahun sebelumnya, dengan bigitu kamu akan memiliki bayangan mengenai soal-soal yang akan kamu kerjakan pada UTBK yang sesungguhnya.

4. Mengikuti Tryout UTBK

Tidak hanya melatih diri dengan soal UTBK terdahulu, kamu juga harus mengupgrade dengan soal-soal terbaru agar lebih memiliki variasi dalam mengerjakan soal.

5. Menentukan Pilihan PTN

Untuk meningkatkan peluang kamu masuk SBMPTN, kami sangat menyarankan untuk memilih jurusan yang sama di ketiga pilihan universitas yang berbeda. Hal ini membuat konsistensi dan keseriusan pemilihan materi pelajaran terlihat jelas.

Penting juga untuk meyakinkan diri sendiri bahwa cara ini akan meningkatkan peluang kamu untuk lulus SBMPTN.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh

Biasanya semakin dekat dengan tanggal ujian tidak sedikit dari pelajar yang menurun daya tahan tubuhnya dikarenakan terlalu sering belajar hingga larut malam alhasil waktu untuk istirahat semakin berkurang yang menyebabkan daya tahan tubuh ikut menurun. Oleh karena itu atur kembali waktu istirahat 6-8jam dalam sehari dan imbangi dengan konsumsi buah dan sayuran.

7. Selalu Cek Ketersedian Jalur Masuk PTN

Pastinya saat kamu memilih mengikuti UTBK SBMTN ingin sekali lolos masuk PTN yang diinginkan, tapi tidak ada salahnya jika kamu juga mempertimbangkan melalui jalur mandiri. Jalur mandiri terbuka setelah UTBK SBMPTN selesai, dengan demikian kamu masih memiliki peluang besar untuk masuk ke PTN yang diinginkan.

Untuk teman-teman kelas 12, diharapkan kalian sudah menyiapkan diri untuk mengikuti tes masuk ke perguruan tinggi ya. Soal-soal SBMPTN ini tidak bisa kamu pelajari hanya dalam satu malam. Persaingan yang cukup ketat, bukan hanya dari kalangan pelajar SMA, tapi juga alumni untuk merebut kursi perguruan tinggi, serta level soal yang berbeda dengan pelajaran sekolah, jadi tantangan yang harus kamu hadapi. Semoga tips ini bisa membantu kamu agar lolos ke PTN yang diinginkan melalui UTBK SBMPTN. Tapi Ingat ! Usahakan tetap belajar, mempersiapkan jauh-jauh hari dari tanggal UTBK yang sudah ditentukan dan tentunya jangan lupa berdoa.

(Sumber: Amalia, ruang guru, e-ujian)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan