Masyarakat Kampung Tegal Kalapa Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut digegerkan dengan penemuan bayi laki-laki di depan teras rumah kontrakan. Senin pagi (22/04/2024).

Foto : Bayi dan dan petugas Puskesmas

Kapolsek Banyuresmi Kompol Rachmat Hamdan, mengatakan jika anggota Polsek Banyuresmi telah melakukan pengecekan ke lokasi penemuan bayi yang ditemukan pada sekitar pukul 01.30 WIB.

"Bayi laki-laki tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi Agus (48) warga Kec. Banyuresmi Kab. Garut. Ketika Agus sedang berada di dalam rumah lalu ia mendengar suara tangisan bayi yang bersumber dari luar rumah,"jelasnya.

Ia menyampaikan, ketika Agus keluar rumah ia menemukan sesosok bayi yang dibungkus oleh selimut dan pernel, kondisi bayi telihat dalam keadaan menangis. Sontak hal itu menjadi buah bibir warga sekitar dengan cepat dan penemuan tersebut dilaporkan ke Polsek Banyuresmi Polres Garut.

"Setibanya anggota kami di lokasi penemuan bayi, langsung melakukan pengecekan kondisi bayi dan dinyatakan dalam keadaan sehat serta normal. Diduga bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tua/ibu kandungnya,"katanya.

Memastikan bayi dalam keadaan aman dan sehat, anggota Polsek Banyuresmi segera membawa bayi tersebut ke Puskesmas Bagendit untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

"Pihak nakes Puskesmas Bagendit menyatakan hasil pemeriksaan sementara kondisi bayi dalam keadaan sehat dan tali pusar sudah lepas, umur sang bayi diperkirakan sudah 1 minggu," pungkasnya.(*)