Breaking News
---

Mensos Minta Daerah Tingkatkan Kepedulian Anak pada Lansia

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini meminta kepala daerah memberi perhatian khusus terhadap pendidikan anak-anak. Utamanya dalam meningkatkan kepedulian mereka terhadap kelompok lansia

Mensos Minta Daerah Tingkatkan Kepedulian Anak pada Lansia

"Terutama saya nitip kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan terutama pendidikan kepada anak-anak kita. Sehingga mereka bisa lebih peduli dan memperhatikan para orang tua, nenek mereka, kakek mereka, atau saudara saudara yang lebih tua lainnya," kata Risma dalam sambutannya di puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Aceh Utara, Rabu (29/5/2024). 

Menurutnya, anak-anak usia sekolah nantinya akan dewasa, apalagi saat bonus demografi terjadi di Indonesia 2030. Seiring dengan itu jumlah lansia pun akan bertumbah banyak, namun sentra milik Kemensos jumlahnya semakin terbatas. 

Oleh karena itu, rasa kepedulian yang tinggi terhadap lansia harus tertanam pada generasi muda. Sehingga ke depan tidak ada lagi aksi penelantaran orang tua atau lansia yang kini masih kerap ditemui. 

"Kenapa demikian? Karena memang ada perubahan. Kami di Balai dan Sentra Kementerian Sosial sekarang ini banyak menerima banyak menerima titipan dari lansia-lansia yang dititipkan anaknya kepada kami," katanya. 

Sebelumya, Kemensos telah menyalurkan layanan sosial bagi lansia dalam rangkaian Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 28 di Aceh Utara. Pelayanan telah dilakukan sejal awal Mei 2024. 

Bentuknya beragam, di antaranya operasi katarak gratis, bantuan ATENSI, dan renovasi rumah lansia dalam program Rumah Sentra Terpadu (RST). Temasuk Kemensos Goes To School yang bertujuan menanamkan kepedulian pada lansia sejak dini.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan