Breaking News
---

Ukir Sejarah, Olympiacos Raih Trofi Europa Conference League Perdana

Olympiacos akhirnya mencetak sejarah dengan meraih trofi UEFA Europa Conference League setelah mengalahkan Fiorentina 1-0 melalui perpanjangan waktu. Laga final yang digelar di Athena, Yunani, Kamis (30/5/2024) dini hari Wib tersebut menandai pertama kalinya klub Yunani meraih trofi utama di kancah Eropa.

Ukir Sejarah, Olympiacos Raih Trofi Europa Conference League Perdana

Sebagai raksasa sepak bola Yunani dengan 47 gelar liga domestik, Olympiacos yang berbasis di Piraeus selalu mendominasi per sepakbola an di dalam negeri. Namun, di level Eropa, prestasi mereka belum pernah mencuri perhatian besar. 

Gelar UEFA Youth League musim ini adalah langkah awal mereka. Saat ini, dengan trofi Conference League di tangan, mereka telah membuktikan diri di panggung yang lebih besar.

Pertandingan final melawan Fiorentina berlangsung sengit, dengan kedua tim berjuang keras untuk mencetak gol. Hingga akhirnya, di menit-menit terakhir perpanjangan waktu, Ayoub El Kaabi muncul sebagai pahlawan dengan mencetak gol penentu kemenangan. 

"Menakjubkan bagi Olympiacos dan saya. Sangat bangga dengan tim ini," kata pemain Olympiacos, Stevan Jovetic.

Perjalanan menuju kemenangan ini tidak mudah bagi Olympiacos. Mereka memulai musim di Conference League, setelah finis ketiga di Grup A Europa League di belakang West Ham dan Freiburg. 

Hasil ini membuat mereka harus melalui satu babak knockout ekstra dibandingkan Fiorentina, yang merupakan salah satu juara grup Conference League.

Di fase knockout pertama, Olympiacos berhasil menyingkirkan klub asal Hungarian, Ferencvaros, dengan dua kemenangan 1-0. Tantangan berat datang di babak 16 besar melawan Maccabi Tel Aviv. 

Setelah kalah 1-4 di kandang lawan, mereka bangkit secara perkasa dengan kemenangan 6-1 di Serbia untuk melaju ke perempat final. Di perempat final, mereka menghadapi Fenerbahce dari Turki, dan berhasil menang agregat 4-3. 

Ujian terbesar mereka adalah di semifinal melawan klub Premier League, Aston Villa. Berkat hattrick El Kaabi di Villa Park dan dua gol lagi di kandang, Olympiacos melaju ke final dengan kemenangan agregat 6-2.

Kemenangan ini tidak hanya memberikan mereka trofi, tetapi juga memastikan partisipasi mereka di Europa League musim depan. Sehingga, memberikan kesempatan lebih besar untuk bersaing di kancah Eropa. 

Pelatih Olympiacos Jose Mendilibar, yang baru diangkat pada Februari, telah membawa perubahan signifikan dalam tim. Kini mereka menikmati kesuksesan setelah sebelumnya membawa Sevilla meraih kemenangan di Europa League.

Di sisi lain, kekalahan ini adalah pil pahit bagi Fiorentina, yang juga kalah di final Conference League tahun lalu melawan West Ham. Meskipun mereka menjalani turnamen ini tanpa kekalahan hingga final, nasib berkata lain di Athena. 

Namun, dengan finis kedelapan di Serie A, mereka akan kembali berjuang di Conference League musim depan.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan