Breaking News
---

Arab ​Saudi Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh 16 Juni 2024

Pemerintah Arab Saudi menginformasikan, pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini, dimulai pada 14 Juni 2024. Penetapan tersebut, setelah pemerintah Saudi melakukan observatorium astronomi melihat bulan sabit, Kamis (6/6/2024) malam, melihat awal bulan Dzulhijjah.

Arab ​Saudi Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh 16 Juni 2024

Mengutip laman AFP, Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan awal bulan Dzulhijjah sudah dimulai pada, Jumat (7/6/2024). Bulan Dzulhijjah dikutahui, merupakan bulan ke-12 dan terakhir dalam kalender Hijriah yang digunakan umat Islam.

Bulan Dzulhijja itu, sekaligus menjadi bulan pelaksanaan ibadah haji dimulai. Haji merupakan satu dari lima rukun Islam, dan wajib dilakukan setidaknya sekali oleh umat Islam yang mampu.

Ibadah ini melibatkan serangkaian prosesi yang diselesaikan setidaknya empat hari di Makkah dan sekitarnya. Puncak haji hari kedua, para jemaah haji berkumpul untuk berdoa di Arafah dalam tahapan wukuf.

Di tempat itu, Nabi Muhammad menyampaikan khutbah terakhirnya. Wukuf tahun ini dilangsungkan pada 15 Juni, dan Hari Raya Iduladha jatuh pada 16 Juni.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Al-Rabiah mengatakan, Tahun 2024 ini terdapat 1,2 juta jamaah di Arab Saudi. Dalam konferensi pers, Kamis (6/6/2024), al-Rabiah menyebut mereka datang dari berbagai negara di dunia untuk haji tahun ini. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan