Breaking News
---

Dukung Karir Mahasiswa di Dunia Digital, Universitas BSI Gelar Bootcamp Bertema 'Software Development'

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Karawang, selenggarakan program Bootcamp bertema Software Development untuk mendukung karir Mahasiswa di dunia digital, 29 - 30 Mei 2024 di Hotel Asyana Sentul Bogor. 

Diawali dengan kegiatan workshop pada tanggal 27 Mei 2024 yang dipandu Iman Sanjaya, M.Kom Consultant Programmer dari PT Jidoka System Indonesia, peserta yang  merupakan ratusan mahasiswa Program Studi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang dan Jakarta ini diharapkan menghasilkan output bagi mereka dalam mempersiapkan dan membekalinya dengan panduan yang jelas dalam mengembangkan proyek aplikasi, juga untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang pengembangan perangkat lunak. 
Foto : Universitas BSI Kampus Karawang - Jakarta gelar Workshop dan Program Bootcamp Berteman Software Development untuk dukung Karir mahasiswanya

Bahkan, Workshop ini sebelumnya dirancang untuk memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, sehingga peserta dapat mengikuti bootcamp dengan lebih efektif dan mendapatkan manfaat maksimal dari setiap sesi yang diadakan. 

Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus Karawang, Abdussomad, M.Kom yang membuka acara Bootcamp tersebut dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini sangat penting untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan perangkat lunak, serta melatih mereka bekerja dalam tim.

"Bootcamp ini merupakan kesempatan emas bagi kita semua untuk belajar dari para ahli di bidangnya. Dengan mengikuti sesi-sesi yang telah disiapkan, saya berharap kita dapat mengembangkan kompetensi kita dan siap menghadapi tantangan di industri teknologi yang terus berkembang pesat," ujar Bapak Abdussomad.

Sesi pertama bootcamp ini sendiri, dimulai dengan topik Emotional Intelligence (EI) yang dibawakan oleh Sriyadi, M.Kom, Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus Utama. Dalam sesinya, ia menjelaskan peran penting yang dimainkan oleh EI dalam dunia kerja, terutama dalam tim yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak.

"Emotional Intelligence membantu kita untuk memahami dan mengelola emosi kita sendiri serta memahami emosi orang lain. Ini adalah kunci untuk membangun kerja sama tim yang efektif dan menghadapi tantangan dengan tenang," jela Sriyadi. 
Foto : Universitas BSI Kampus Karawang - Jakarta gelar Workshop dan Program Bootcamp Berteman Software Development untuk dukung Karir mahasiswanya

Masuk pada sesi kedua dilanjutkan dengan tema Akselerasi Transformasi Digital yang dipandu oleh Adrianus Yoza Aprilio, seorang Senior Education Program Manager Dicoding Academy. Dia menjelaskan bagaimana transformasi digital telah mengubah lanskap bisnis dan industri, serta menekankan perlunya perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat agar tetap kompetitif.

"Transformasi digital bukan hanya tentang mengadopsi teknologi baru, tetapi juga tentang mengubah cara kita berpikir dan bekerja. Ini adalah proses yang melibatkan seluruh organisasi," ungkap Bapak Yoza. 

Sesi ini memberikan wawasan berharga tentang strategi dan alat yang dapat digunakan untuk mempercepat proses transformasi digital.

Sementara di sesi terakhir pada hari pertama bootcamp ini membahas topik Testing Aplikasi yang dipresentasikan oleh Ilham Kurniawan, M.Kom, Dosen Universitas BSI. Dalam sesinya, Dia menjelaskan berbagai metode dan alat yang digunakan dalam pengujian aplikasi guna memastikan kualitas produk perangkat lunak.

"Testing adalah tahap kritis dalam pengembangan perangkat lunak. Ini memastikan bahwa aplikasi yang kita kembangkan bebas dari bug dan siap digunakan oleh pengguna," kata Ilham Kurniawan. Setelah presentasi, sesi dilanjutkan dengan diskusi interaktif di mana peserta dapat bertanya dan berbagi pengalaman terkait pengujian aplikasi.

Setelah sesi tentang testing aplikasi, bootcamp dilanjutkan dengan pembahasan Teknik Presentasi yang dibawakan oleh Andriansyah, M.Kom, Dosen Universitas BSI. Dia memberikan tips dan trik tentang cara menyampaikan presentasi yang efektif dan menarik.

"Teknik presentasi yang baik sangat penting dalam menyampaikan ide dan hasil kerja kita. Kemampuan ini akan membantu kita dalam berbagai situasi profesional," jelas Bapak Andriansyah. 

Hari pertama bootcamp ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi terbuka, di mana para peserta berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pembicara. Banyak peserta yang mengaku mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang sangat berguna untuk karir mereka di masa depan. Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, Bootcamp Software Development 2024 diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi acara tahunan yang dinantikan oleh mahasiswa prodi Sistem Informasi. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan