Breaking News
---

Garuda Muda Berhasil Bekuk Loas 6-1

Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2024. Hasil ini didapat setelah Garuda Muda mengalahkan Laos 6-1 pada laga Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Garuda Muda saat kalahkan Laos

Laos secara mengejutkan mampu unggul terlebih dahulu saat laga baru berjalan enam menit. Laos mendapat penalti usai Sayyavath Vansavath dilanggar Mathew Baker di kotak penalti.

Phayak Siphanom pun mengambil penalti dan mengeksekusi menjadi gol. Setelah itu, tim asuhan Nova Arianto mampu bangkit dan menguasai pertandingan.

Pada menit ke-23, giliran Indonesia yang mendapat penalti usai Gholy dilanggar Ki Mounkanyah di kotak penalti. Gholy yang menjadi eksekutor membuat skor imbang menjadi 1-1.

enam menit berselang, Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Laos. Gol berawal dari sepak pojok Fabio Azkairawan yang disundul masuk ke gawang oleh Sayyavath Vansavath.

Setelah berbalik unggul, Indonesia semakin intens menekan pertahanan Laos. Tekanan yang bertubi-tubi membuahkan hasil, karena pada menit ke-37, tim tuan rumah menambah keunggulannya menjadi 3-1 lewat aksi Josh Holong.

Gol Josh terjadi berawal dari lemparan ke dapam yang dilakukan Fabio Azkairawan. Bola lemparannya disambut Tristan dengan sundulan kepala yang mengarah ke depan gawang dan kemudian ditanduk Josh.

Pada tambahan waktu di babak pertama, lemparan ke dalam yang dilakukan Fabio kembali membuahkan gol. Kali ini, I Putu Panji Apriawan yang berhasil menyundul bola lemparannya yang mengarah ke depan gawang Laos sehingga skor menjadi 4-1.

Indonesia terus tampil menekan di babak kedua meski sudah unggul jauh dari Laos. Beberapa peluang didapatkan, tapi hanya tercipta dua tambahan gol bagi Skuad Garuda Muda.

Josh Holong mencetak gol keduanya pada laga kali ini sekaligus membawa Indonesia unggul 5-1 atas Laos. Gol tercipta saat Josh yang berada di kotak penalti menerima sodoran dari Gholy dan berbalik badan untuk mencetak gol.

Di menit ke-79, Mochamad Mierza Firjatullah yang masuk dari bangku cadangan mempu memperlebar skor menjadi 6-1. Mierza mencetak gol usai memanfaatkan umpan dari Alberto.

Indonesia mampu mempertahankan keunggulan dan memenangkan pertandingan dengan skor 6-1 atas Laos. Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024.

Indonesia lolos sebagai juara Grup A dengan poin sempurna sembilan. Anak asuh Nova Arianto akan menghadapi runner-up Grup B antara Thailand atau Australia.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-16: Nur Ichsan, Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji Apriawan, Mathew Ryan Baker, Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah Sudrajat, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Tristan Raissa Ibrahim, Muhammad Zhaby Gholy, Josh Holong Junior

Timnas Laos U-16: Thitsakhone Sumlivongvath, Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Sikanda Xaisongkham, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Binly Donsanouphit, Ki Mounkanyah, Sayyavath Vansavath, Xayyasith Chitpasong, Phoutthasak Sihakhot (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan