Breaking News
---

Garuda Muda U-16 Berhasil Bekuk Singapura di Manahan Solo

Timnas Indonesia U-16 berhasil mengawali perjalan di Piala AFF U-16 2024 dengan kemenangan. Garuda Muda mengalahkan Singapura 3-0 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam WIB.Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan mitigasi kecurangan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Hal ini dilakukan setelah adanya laporan temuan pemalsuan domisili pada PPDB tahun 2023. Irjen Kemendikbudristek, Chatarina Maulina Girsang mengatakan, pihaknya telah melakukan pencegahan dengan mengeluarkan aturan tentang PPDB pada Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. Regulasi yang dikeluarkan tersebut, lanjut dia, sudah sangat baik, namun pelaksanaannya masih bermasalah. "Jadi pertama pemalsuan domisili ini memang sudah kami mitigasi sejak Permendikbud tentang PPBD Zonasi ini kami atur mulai Permendikbud 17 Tahun 2017. Namun, sebenarnya kelihatan yang menjadi permasalahan adalah sekali lagi bukan regulasi, tapi ini implementasi," kata Chatarina dalam konferensi pers Forum Bersama Pengawasan Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024/2025 di Hotel Sutasoma, Jakarta, Jumat (21/6/2024). Bahkan, kata Chatarina, Kemendikbudristek juga telah membuat regulasi yang mewajibkan dokumen domisili persyaratan PPDB sesuai dengan data Dukcapil. Hal tersebut diatur dalam Kepsekjen Nomor 47 Tahun 2023. Dalam hal ini, Kemendikbudristek mewajibkan Kartu Keluarga (KK) sebagai persyaratan dalam PPDB. "Karena kan yang kita pastikan tujuan KK itu adalah anak berkumpul dengan orang tua," katanya. Namun, menurutnya, pihak sekolah kerap tidak melakukan klarifikasi dokumen kepada peserta PPDB. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya laporan kecurangan PPDB. *Ketika diupload sekolah tidak melakukan klarifikasi dokumen. Jadi oh sudah ada KK sudah selesai, padahal misalnya di KK itu anaknya bisa 10," ujarnya. "Kemudian setelah dilihat ternyata 10 anaknya lahir di tahun yang bersamaan. Ya kan gak mungkin seorang ibu melahirkan di tahun bersamaan lebih dari 1, jarak bulannya juga hampir sama,".

Garuda Muda Bekuk Singapura di Manahan Solo

Timnas Indonesia tampil menyerang sejak awal pertandingan. Bola-bola terobosan ke lini depan masih belum bisa dimaksimalkan Mierza dkk.

Singapura mendapat hadiah penalti di menit ke-29. Kapten Indonesia, Putu Panji, dianggap handball di kotak terlarang.

Nathan Mao maju sebagai eksekutor penalti Singapura. Bola sepakan mendatarnya ke sisi kanan gawang bisa ditepis kiper Indonesia, M. Ichsan.

Di menit ke-35, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol melalui aksi Mierza. Namun sayang gol ini dianulir wasit karena sudah berada dalam posisi offside.

Lima menit berselang, Timnas Indonesia akhirnya mencetak gol pertama. Berawal dari lemparan ke dalam Fabio, dan Mierza berhasil menanduk bola masuk ke gawang Singapura.

Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir. Usai turun minum, Indonesia tidak menurunkan tempo serangan dan terus menggempur pertahanan Singapura sejak awal babak kedua.

Di menit ke-57, Timnas Indonesia diberi hadiah penalti oleh wasit. Evandra yang ditunjuk sebagai algojo sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga Indonesia unggul 2-0 atas Singapura.

Keunggulan Indonesia bertambah setelah Fandi Alberto sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-86. Sepakan kaki kanannya menghujam gawang lawan yang tak mampu diselamatkan oleh kiper Singapura.

Setelah itu, tidak ada gol tambahan tercipta bagi kedua tim dan Indonesia mampu mengalahkan Singapura dengan skor 3-0. Dengan kemenangan ini Indonesia berhak berada di puncak klasemen Grup Grup A.

Berikutnya, Garuda Muda akan menghadapi dengan Filipina pada laga kedua, Senin (24/6/2024) malam. Pada hari yang sama Laos akan berhadapan dengan Singapura pada sore harinya.

Susunan Pemain

Indonesia U-16: M. Ichsan; Putu Panji, Raihan, Baker, Fabio; Nazriel, Evandra, Daniel; Gholy, Alberto, Mierza.

Singapura U-16: Jarec Ng; Muhd Harith, Kieran Tan, Andy Reefqy, Iliya Naufal, Harith Danish, Nyqil Iyyan, Nathan Mao, Rauf Anaqi, Sarrvin Raj, Uchenna Eziakor.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan