Breaking News
---

Ini Dampak Gula Darah Tinggi Pada Kesehatan Tubuh Anda

Gula darah tinggi adalah kondisi yang memerlukan perhatian serius karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu dampaknya adalah kerusakan pada nefron dan pembuluh darah di area ginjal, yang mengakibatkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Inilah Beberapa Pengaruh Dari Gula Darah Tinggi Pada Kesehatan Tubuh

Gula darah memengaruhi seluruh tubuh karena darah bersirkulasi ke setiap organ dan sistem. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan dampak negatif pada hampir semua bagian tubuh.

Berikut ini tujuh pengaruh gula darah tinggi pada kesehatan tubuh, dilansir dari beritasatu, Jumat (7/6/24).

1. Penyakit kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah sekelompok gangguan yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Serangan jantung dan strok adalah penyakit akut yang disebabkan oleh penyumbatan yang menghalangi aliran darah ke jantung atau otak.

Mengontrol kadar gula darah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah kerusakan pembuluh darah dan mengurangi penyumbatan arteri.

2. Disfungsi seksual
Kadar gula darah yang tinggi dapat menurunkan aliran darah ke organ seksual, menyebabkan disfungsi seksual. Mereka yang tidak mengontrol kadar gula darah lebih mungkin mengalami efek samping seksual dibandingkan mereka yang kadar gula darahnya terkontrol.

3. Depresi
Penelitian baru menunjukkan kadar gula darah yang tinggi mungkin berperan lebih besar dalam menekan kondisi mental daripada faktor-faktor lain.

4. Penyakit ginjal
Kadar gula darah yang tinggi secara kronis dapat merusak pembuluh darah di ginjal, menurunkan fungsi ginjal, dan berkontribusi terhadap penyakit ginjal.

5. Masalah penglihatan
Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan retinopati diabetik, di mana pembuluh darah di retina menjadi rusak, menyebabkan masalah penglihatan dan kebutaan.

6. Masalah tulang dan sendi
Neuropati diabetik terjadi ketika kadar gula darah yang tinggi secara kronis merusak sel-sel saraf di seluruh tubuh, menyebabkan sensasi kesemutan, mati rasa, dan bahkan kehilangan fungsi di tangan, kaki, lengan, dan tungkai.

7. Komplikasi tambahan
Gula darah tinggi juga dapat menyebabkan komplikasi lain seperti masalah kulit, infeksi, dan gangguan pencernaan. Gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres, sangat penting untuk mencegah berbagai komplikasi yang berhubungan dengan gula darah tinggi. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan