Breaking News
---

Ini Manfaat Menakjubkan Konsumsi Bawang Putih Mentah

Selain memberikan cita rasa untuk bumbu masakan, mengonsumsi bawang putih mentah memiliki manfaat tak terduga untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit.

Foto ilustrasi

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat menakjubkan bawang putih untuk kesehatan tubuh:

1. Bantu Kontrol Kolesterol
Kolesterol merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Dalam hal ini, bawang putih bisa menjadi solusi alami untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi bawang putih secara rutin diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 10-15 persen.

Hal ini disebabkan oleh kandungan allicin dalam bawang putih yang berperan dalam menghambat sintesis kolesterol di hati. Dengan demikian, memasukkan bawang putih dalam pola makan harian dapat membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat paling signifikan dari bawang putih adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin dan sulfur yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan.

Senyawa-senyawa ini dapat memperkuat pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi umum seperti flu dan pilek.

Selain itu, sifat antimikroba dari bawang putih juga efektif dalam melawan infeksi sistemik dan infeksi kulit lainnya. Dengan mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur, tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit dan mampu pulih lebih cepat saat infeksi.

3. Cegah Penyakit Alzheimer dan Demensia
Salah satu manfaat penting bawang putih adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Bawang putih mengandung tingkat antioksidan yang tinggi, yang berperan dalam melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Radikal bebas dan stres oksidatif adalah dua faktor utama yang dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan perkembangan penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Antioksidan dalam bawang putih membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel otak, menjaga otak tetap sehat dan berfungsi optimal.

Dengan konsumsi bawang putih secara teratur, risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia dapat berkurang, sehingga kualitas hidup dan kesehatan otak dapat terjaga lebih baik seiring bertambahnya usia.

4. Bantu Kontrol Kadar Gula Darah
Bawang putih mentah juga dikenal efektif dalam mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Konsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan.

Senyawa aktif dalam bawang putih, seperti allicin, memiliki efek hipoglikemik yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk memasukkan bawang putih mentah dalam diet harian karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mencegah komplikasi diabetes, dan meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang hidup dengan kondisi ini.

5. Cegah Penyakit Kanker
Bawang putih memiliki potensi besar dalam membantu mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar.

Menurut studi yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology, orang yang rutin mengonsumsi bawang putih mentah bersama dengan sayuran dan buah-buahan menunjukkan penurunan risiko kanker usus besar sebesar 35 persen.

Kandungan sulfur organik dalam bawang putih, seperti allicin, diallyl sulfide, dan diallyl disulfide, memiliki sifat antikanker yang kuat. Karena itu, menambahkan bawang putih dalam pola makan sehari-hari bisa menjadi langkah penting dalam upaya pencegahan kanker.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan