Breaking News
---

Lima Minuman Ini Bikin Otak Cerdas dan Tingkatkan Daya Ingat

Minuman yang mengandung antioksidan, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral dapat mendukung kesehatan otak serta membuat otak cerdas dan membantu meningkatkan daya ingat.

Foto ilustrasi : Minum Ngopi


Kendati begitu, nutrisi yang baik harus tetap diimbangi dengan gaya hidup sehat. Termasuk tidur yang cukup, olahraga teratur, dan pengelolaan stres.

Berikut sejumlah minuman yang dipercaya dapat membuat otak cerdas:

1. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan, khususnya katekin yang dapat melindungi sel-sel otak. Minuman ini juga mengandung L-theanine, asam amino yang bisa meningkatkan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat memperbaiki suasana hati dan fungsi kognitif.

2. Kopi
Kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penuaan dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Susu Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat melintasi penghalang darah-otak dan telah terbukti meningkatkan faktor neurotrofik, yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup neuron.

4. Air Kelapa
Air kelapa mengandung elektrolit penting seperti kalium dan magnesium yang dapat mendukung fungsi otak dan saraf. Elektrolit ini penting untuk menjaga hidrasi dan transmisi saraf yang optimal.

5. Smoothie dengan Beri dan Kacang-kacangan
Buah-buahan seperti blueberry dan strawberry kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Menambahkan kacang-kacangan seperti almond atau kenari yang kaya asam lemak omega-3 dan vitamin E juga dapat mendukung fungsi kognitif.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan