Breaking News
---

Pengawas Kelurahan Desa se-Kecamatan Karawang Barat Dilantik

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Karawang Barat resmi melantik Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kecamatan Karawang Barat.
Pengawas Kelurahan Desa se-Kecamatan Karawang Barat Dilantik


Pelantikan tersebut dilaksanakan, Minggu 2 Juni 2024 di Resto Indo Alamsari Jalan Intercahenge Karawang Barat.

Ketua  Panwascam Karawang Barat, Haerudin mengatakan, sebanyak delapan PKD telah dilantik. Artinya sudah sah secara hukum sebagai pengawas pemilu di Tahun 2014.

"Selamat pada PKD terpilih delapan kelurahan di Karawang Barat. Sudah sah punya tanggungjawab dan wewenang dalam menjalankan tugas. Sumpah janji ini sebagai komitmen PKD dalam menjalankan tugas sebagai pengawasan di Pilkada," kata Haerudin.

Kinerja PKD, kata dia, sudah diatur dalam Undang-Undang sebagai pedoman menjalankan tugas. Mulai dari sekarang PKD mapping kinerjanya.

"Misalnya melakukan komunikasi dengan kelurahan, komunikasi dengan PPS dan tugas lainnya sudah disiapkan dari sekarang," ujarnya.

Selain pengawasan di wilayah kerjanya, Haerudin meminta PKD aktif dalam komunikasi dan koordinasi dengan Panwascam. Hal itu, kata dia, untuk memudahkan dalam menjalankan fungsi dan kewenangan sebagai pengawas.

"Komunikasi dan koordinasi harus kita lakukan. Apa yang menjadi temuan di lapangan dapat di laporkan," kata Heru.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Bawaslu Karawang,Ade Permana,SH mengatakan, tugas menjadi PKD sangat berat. Mengawasi wilayahnya begitu luas. Disini menjadi tantangan PKD harus mampu pasang mata dan telinga di wilayah kinerjanya.

"Penduduk Karawang Barat ini sangat luas, padat dan ibukotanya Karawang.Delapan PKD di Karawang Barat bisa bergaul dengan semua lini untuk membantu pengawasan," kata dia.

Ia menambahkan, kepercayaan ini harus dijaga. Mari kita awasi pemilu sampai sukses tanpa ekses agar iklim demokrasi terjaga dengan baik.

"Selamat bertugas. Jaga kepercayaan dan harus amanah dalam menjalankan tugas," tandasnya.

Pelantikan PKD Karawang Barat tersebut dihadiri pihak Sekretaris Camat Karawang Barat, perwakilan Polsek Kota dan perwakilan Danramil Polsek Kota. Setelah acara itu, dilanjutkan dengan bimbingan teknis dan pembekalan dari Panwascam untuk PKD di Karawang Barat.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan